duniaunggas.com – Buah mengkudu, atau yang biasa kita sebut buah pace merupakan salah satu tanaman  buah asli yang berasal dari Asia tenggara. Bentuk buahnya yang agak lonjong dan agak berbintik pada permukaan, namun banyak orang yang kurang menyukai aroma buah ini. Pada umumnya mengkudu dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bahan makanan seperti sayur, rujak dan juga jus. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai mengkudu ini, ada baiknya untuk mengenal lebih dekat buah mengkudu ini, berikut sejumlah manfaat buah untuk unggas ( puyuh dan ayam).

Kandungan Zat Buah Mengkudu

Mengkudu mempunyai kandungan antioksidan, merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa buah pace, Berikut ini berbagai macam zat yang ada dalam buah pace atau mengkudu :

No Kandungan buah mengkudu atau pace Manfaat
1 Zat Terpenoid Membantu proses sintesis organic berguna untuk pemulihan sel sel tubuh
2 Protein, vitamin dan mineral Antioksidan
3 Zat anti bakteri (pseudomonas aeruginosa, staphylococcus aureus, Escherichia coli dan basillus subtilis) Pembunuh bakteri penyebab infeksi

 

manfaat buah mengkudu ,manfaat daun mengkudu-min

Gambar: Buah Mengkudu

Berikut bakteri yang dapat dibunuh oleh mengkudu

1.Pseudomonas aeruginosa

 

4. Proten morganii 7. S Typhi 10. S. pradysenteriae
2. E coli 5. Staphylococcus aureus 8. Scotmuelleri
3. Basillus subtillis 6. Salmonella 9. Shigella dusenteriae

 

Nutrisi pada buah mengkudu

Protein, Vitamin, Mineral.  Selenium merupakan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan tinggi. Senyawa di dalam mengkudu juga terdapat berbagai macam senyawa aktif. Senyawa dalam mengkudu adalah senyawa plants sterois, alizarin, lycine, caprylic acid, sosium, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium . Scolopetin : adalah sejenis senyawa yang bermanfaat untuk mengusir peradangan dan juga alergi.

Xeronine dan Proxeronine, zat bioaktif, Zat iridoid, Serat, Metil, Asetil, Morindone dan asam Kapril.

 

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat mengkudu mampu memperbaiki kesehatan, kandungan zat dan nutrisinya yang banyak membuat mengkudu memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Mengkudu mampu mempercepat masak kelamin unggas ( puyuh dan ayam).

manfaat buah mengkudu ,manfaat daun mengkudu2

Gambar: Daun Mengkudu

Contoh pada puyuh yang sudah berumur 40 – 45 hari. Namun belum ada menunjukkan atau belum ada yang mulai bertelur, maka penambahan rebusan buah mengkudu mampu mempercepat masak kelamin untuk dimulainya proses produksi. Untuk takaran ambil 100 daun mengkudu atau 3 buah mengkudu. Rebusan daun mengkudu atau buahnya dapat diberikan melalui air minum. Pemberian dilakukan 3 – 5 hari dalam seminggu dan dapat diulang kembali pada minggu depannya.  100 gr daun mengkudu atau 3 buah mengkudu untuk 500 ekor puyuh remaja-dewasa. Untuk ayam layer ( ayam kampong atau sejenisnya ) 173 – 250 ekor ayam remaja-dewasa ( pra layer)

Baca juga Manfaat Gula Merah Untuk Unggas

About the author

admin

4 Comments

Leave a Comment