duniaunggas.com – Cara mengawinkan ayam bangkok serta trik dan tipsnya. Peternakan ayam bangkok untuk dijadikan sebagai pejantan maupun sebagai ayam aduan saat ini sangat menjanjikan. Dan tentunya ayam bangkok merupakan jenis ayam aduan yang mempunyai kualitas yang unggul. Dan bahkan ayam aduan lokal dapat babak belur dibuat oleh ayam bangkok yang satu ini. Oleh karena itu sangat banyak orang orang yang terpikat akan ayam bangkok tersebut.

Namun sering sekali kita mengalami kesulitan dalam mengembangkannya. Dimana dengan besarnya badan ayam tersebut membuat kesulitan dalam melakukan perkawinan alami. Jika kita ingin menambahkan populasi ayam bangkok dengan selalu membeli dari orang lain tentunya dapat menambah modal yang tidak sedikit. Dan alangkah lebih hemat jika kita mampu mengembangkan sendiri ayam bangkok tersebut.

Cara mengawinkan ayam bangkok

Agar ayam bangkok mau melakukan perkawinan. Dengan hasil yang memuaskan dengan tujuan untuk menambah jumlah populasi ayam bangkok kita. Dengan cara ini sudah bisa kita lakukan pada peternakan disekitar lingkungan peternakan kati dan juga para penghobby dan koleksi ayam bangkok dan dapat memberikan hasil yang sangat baik. Dan tentunya pengeraman dilakukan oleh ayam bangkok tersebut.

Ayam Bangkok Jantan

Ada Mitos Cara mengawinkan Ayam Bangkok

Ada mitos yang menyebutkan kalau Anda ingin mendapatkan hasil keturunan ayam bangkok yang kualitasnya baik, maka kawinkanlah indukan ayam bangkok pada kamis sore hari menjelang malam jumat. Mitos ini tentu tidak terlepas dari mitos malam jumat yang terkenal akan keangkerannya dan atau Malam jumat sesuai dengan yang biasa kita kumandangkan yaitu malam wajib. Ada beberapa pernyataan yang mengatakan ayam bangkok yang dikawinkan pada waktu malam jumat akan menghasilkan anakan lebih tangguh lagi daripada induknya sendiri. Sebelum proses persilangan dimulai, kita tentu perlu menyiapkan pasangan ayam bangkok indukan terlebih dahulu. Setiap ayam bangkok jantan bisa dipasangkan dengan 5 – 8 ekor ayam bangkok betina sekaligus. Idealnya selisih usia antara ayam jantan dan ayam betina adalah 1 tahun. Contohnya jika si ayam jantan berumur 3 tahun, maka usia ayam-ayam betina berada di kisaran 2 tahunan. Nantinya pasangan ini akan menghasilkan keturunan yang terbaik.Berikut ada beberapa trik yang bisa dicoba untuk merangsang ayam bangkok agar segera mau melakukan perkawinan dan cepat menghasilkan telur.

Trik Pertama Cara Mengawinkan Ayam Bangkok

Siapkan kandang umbaran yang cukup luas. Masukkan ayam bangkok ke dalam kandang tersebut. Isilah setiap kandang umbaran hanya dengan satu jantan saja. Sedangkan jumlah ayam betina yang bisa menempati kandang tersebut berkisar antara 5 – 8 ekor. Pada awalnya, ayam-ayam ini akan saling berkenalan secara alamiah. Setelah merasa cocok dan waktunya tepat, ayam ayam tersebut akan melakukan perkawinan secara bergilir. Namun jangan lupa sediakan juga pakan yang cukup pada indukan, baik cukup jumlah dan juga harus cukup nutrisi agar telur yang dihasilkan fertile dan daya tetasnya sangat tinggi.

Trik Kedua Cara Mengawinkan Ayam Bangkok

Kadang ada ayam bangkok betina yang mempunyai kualitas sangat bagus dan berasal dari keturunan jawara, tetapi ayam tersebut enggan melakukan perkawinan. Padahal Anda sudah sangat yakin kalau usia ayam ini sudah lebih dari cukup. Maka satu-satunya solusi yang dapat diambil yaitu memaksanya supaya kawin. Caranya ialah pegang ayam betina tadi dengan posisi menghadap ke dalam. Lalu letakkan ayam betina tersebut di depan ayam jantan yang sudah siap melakukan perkawinan. Anda mungkin butuh usaha beberapa kali sampai si ayam jantan terpancing dan mau melakukan perkawinan. Dan biasanya cara selalu berhasil. Namun pastikan jantan sudah cukup nutrisi, agar mudah dan cepat melakukan perkawinan.

Trik Ketiga Cara Mengawinkan Ayam Bangkok

Trik ketiga ini dapat dilakukan bila ayam bangkok jantan yang merasa malas untuk melakukan perkawinan. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh ayam tersebut yang kurang bugar. Jadi solusinya adalah Anda bisa memberikan pengobatan. Gunakan jamu dan atau obat khusus

Sumber duniaunggas.com dan berbagai sumber lainnyahewan yang mampu meningkatkan gairah seksual ayam bangkok tersebut. Dan atau dapat memberikan http://www.duniaunggas.com/2018/05/07/buah-mengkudu-untuk-puyuh-dan-ayam/

Baca juga http://www.duniaunggas.com/2018/05/29/cara-merawat-anak-ayam-kampung-baru-menetas/

Semoga Bermanfaat

About the author

admin

Leave a Comment