duniaunggas.com –  Vitamin untuk unggas saat cuaca panas. Saat cuaca panas sering sekali puyuh atau ayam dalam kandang mati akibat stress karena cuaca panas yang ekstrim. Pemberian gula merah atau gula aren sangat baik. Guna mengurangi strees akibat cuaca yang sangat panas. Yang mana pemberian gula merah dapat mengurangi tingkat stres akibat cuaca yang panas.

Gula merah  atau aren adalah gula yang berwarna  kecoklatan. Gula ini terbuat dari cairan nira atau legen yang dikumpulkan dari pohon  aren. Cairan yang dikumpulkan direbus secara perlahan sehingga mengental lalu dicetak dan didinginkan. Setelah dingin maka gula merah siap dikonsumsi . Dan digunakan sebagai vitamin untuk unggas saat cuaca panas

Kandungan dalam Gula Merah

Tambahan gula merah atau aren atau gula jawa pada minuman unggas  dapat menyegarkan unggas karena kandungan vitamin serta nutrisi lainnya. Setiap 100 gr gula jawa atau merah yang mengandung 4 mg zat besi, 90 mg kalsium dan karoten serta laktoflavin. Kandungan gula atau glukosa pada gula aren lebih rendah jika dibandingkan dengan gula pasir . Nutrisi mikro yang lain adalah thiamine, nicotinic acid, riboflavin, niacin, ascorbatic acid, vitamin C, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, asam folat, protein kasar dan juga garam mineral. Sehingga sangat cocol sebagai vitamin untuk unggas saat cuaca panas.

manfaat gula merah untuk unggas

Gambar: Gula Merah

Manfaat gula aren atau gula jawa bagi tubuh unggas

Menurut ahli pengobatan dari negeri China, gula merah atau aren dipercaya memiliki berbagai khasiat dalam kesehatan. Mereka menjelaskan bahwa gula merah memiliki sifat rasa manis alami. Di dalamnya terkandung unsur yang bersifat menguatkan limpa, menambah darah, meredakan nyeri, memperlancar peredaran darah dan menghangatkan lambung.

Khasiat Gula Merah untuk unggas

Gula jawa atau aren  ternyata sangat baik propertisnya untuk tubuh bila dibandingkan dengan gula tebu atau yang biasa disebut gula. Gula merah mengandung lebih rendah kadar gula dibandingkan dengan gula pada umumnya. Dan berikut adalah beberapa sifat dari gula aren yang sangat baik untuk kesehatan unggas.

meningkatkan darah, memberikan kehangatan di perut, memperkuat limpa dan dapat membantu meringankan rasa sakit di tubuh unggas.

Dengan menambahkan  gula aren atau merah pada minuman unggas ternyata sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh unggas. Gula jawa atau merah ternyata memiliki cukup tinggi antioksidan konten, sehingga sangat baik bagi tubuh unggas untuk menahan serangan dari beberapa penyakit.

Gula aren   mengandung banyak zat besi. Seperti kita ketahui bahwa besi adalah pendukung  di dalam pembentukan  sel darah merah.  Dengan cara itu, unggas  yang sering mengkonsumsi gula aren dapat menghindari gejala kekurangan darah merah. Baca juga Jamu Herbal Untuk Unggas (Puyuh Dan Ayam)

Gula jawa atau gula aren sangat baik untuk unggas yang baru menetas. Terutama pada puyuh atau anak ayam yang baru tiba di kandang. Gula jawa atau aren sangat cocok diberikan pada puyuh atau ayam di saat cuaca kandang atau lingkungan yang panas. Suhu yang panas membuat puyuh atau ayam cengap cengap sehingga mengeluarkan cairan tubuh melalui keringat dari tubuh. Gula merah berperan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Demikianlah manfaat gula jawa atau aren untuk untuk unggas, semoga bermanfaat.

Baca juga Pengobatan Saat Cuaca Panas ( ekstrim )

Sumber duniaunggas.com dan kandang kelompok

 

About the author

admin

Add Comment

Leave a Comment