Cara Merawat Anak Ayam Kampung Baru Menetas

duniaunggas.com – Cara merawat anak ayam kampung baru menetas atau anak ayam JOPER mulai dari menetas hingga berumur satu bulan. Perlakuan awal ini adalah dasar atau pondasi pemeliharaan kedepannya atau dengan kata umum bahwa semakin baik perawatan pada masa awal maka pemeliharaan kedepannya akan semakin mudah juga. Karena pada masa awal adalah masa kritis pemeliharaan. Sampai pada saat ini  belum ada yang dapat membuktikan bahwa pemberian pakan ataupun pemeliharaan yang baik  dapat mengubah kwalitas anak ayam yang jelek menjadi ayam kampung atau joper yang baik.

Oleh karena itu usahakanlah untuk mendapatkan bibit ayam kampung atau joper (Day Old Chicks) yang baik dari induk yang berproduksi telur tinggi. Anak ayam yang sehat dapat diperoleh dari penetasan yang baik dan berasal telur-telur dari induk yang sehat. Untuk mendapatkan ini mungkin anda perlu mencari informasi yang mendukung sebelum anda putuskan untuk membeli bibit ayam ( DOC) dan tentunya harus dimodali pengetahuan tentang cara merawat anak ayam kampung baru menetas.

Kandang rooding Sederhana

Kandang Brooding

Brooding ( kandang indukan)

Pemeliharaan serta perawatan anak ayam umur 1 hari hingga umur 1 bulan, dapat dilakukan dengan induk buatan (artificial brooding). Dengan cara ini pemeliharaan lebih efektif dan efesien. Dimana dengan satu kandang indukan dapat diisi beberapa atau bahkan banyak anak ayam sehingga pengontrolan anak ayam dapat dilaksanakan dengan semaksimal mungkin. Bila kita menggunakan induk natural maka anak ayam yang akan diasuh oleh induk adalah sangat terbatas. Jika kita ingin memelihara ayam kampung maupun joper untuk tingkat komersil maka pembutan kandang brooder sangat efektif.  Dan tentunya dalam kandang brooder ini kita harus memperhatikan suhu dalam kandang. Suhu jangan terlau panas ataupun jangan terlalu dingin, berikut sekitaran suhu dalam kandang brooding. anak ayam yang berumur 3  sampai dengan 5 hari hendaknya divaksin ND, Vaksin ND ini bisa anda beli di toko penjual makanan ayam.

Temperatur brooding dapat diatur sebagai berikut :

  • Umur anak ayam 0 – 1 minggu dengan temperatur 93 – 95” F (37 derajat Celcius)
  • Umur anak ayam 1 – 2 minggu dengan temperatur 88 – 90” F (35 derajat Celcius)
  • Umur anak ayam 2 – 3 minggu dengan temperatur 83 – 85” F (33 derajat Celcius)
  • Umur anak ayam 3 – 4 minggu dengan temperatur 78 – 80” F (32 derajat Celcius)
Usahakanlah agar ayam dalam keadaan nyaman dalam setiap saat. Sebagai pemanas dapat berupa listrik. Umumnya dipakai sebuah kotak yang diberi pemanasan lampu listrik 40 watt atau 60 watt atau 75 watt, tergantung dari besar kecilnya ruangan brooder. Biasanya anak-anak ayam dapat mengatur sendiri, kalau kedinginan mereka akan berkumpul disekitar lampu, bila kepanasan mereka akan menyebar dan kelihatan megap-megap.
Pesebaran Anak Ayam Terhadap Suhu Brooding

Contoh Pesebaran Anak Ayam

Keadaan panas yang sesuai bila anak-anak ayam tersebut rata dibawah lampu. Temperatur permulaan 95” F, kemudian tiap minggu diturunkan 5” F, setelah 1 bulan lampu dimatikan. Bila dingin diperpanjang sampai umur 2 bulan, baru lampu dimatikan.

Kapasitas Brooder
Kapasitas kandang brooding untuk  setiap 1 m2 untuk 50 ekor, yang pada pokoknya anak ayam bisa menyebar apabila kepanasan.

Alas Brooder
Alas sekam kayu (Litter) adalah lantai yang diberi serbuk gergajian kayu, sekam atau damen yang dicincang. Tinggi-litter permukaan cukup 10 cm yang nantinya dapat sampai 15 cm. Makin dalam litter ini, tempat tersebut makin kering. Litter ini jangan diubah sampai dengan anak ayam dipindahkan ketempat lain. Tetapi selalu diperhatikan tetap kering dan bebas dari jamur. Manfaat Jahe Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam )

Ventilasi Brooder
Udara adalah penting, oleh karena itu pengaturan ventilasi harus bai dan terkontrol. Ventilasi menolong agar supaya litter kering dan dapat menghindarkan amoniak dan CO 2. Diusahakan agar angin tidak langsung, tempat harus tertutup supaya tidak ada tikus yang masuk.

Pencahayaan Matahari
Untuk menghindarkan timbulnya penyakit rachitis maka tiap dua hari sekali anak-anak ayam dikeluarkan untuk mendapatkan sinar matahari pagi.

Cara merawat anak ayam kampung

Setelah anak ayam datang, masukkanlah dengan segera kedalam brooder. Tempat makanan dan minuman diisi, perhatikan apakah anak-anak ayam mau makan dan minum. Bersihkanlah dan isilah selalu tempat minum setiap hari, perhatikan temperaturnya apakah anak-anak ayam kedinginan atau kepanasan. Diusahakan agar anak-anak ayam dalam keadaan nyaman dan jangan terlalu berdesak-desakan atau terlalu penuh.

Perhatikan anak-anak ayam apakah ada tanda-tanda berpenyakit coccidiosis (minggu ke 4 – 6), tanda-tandanya bulu lusuh/kasar, sayap menggantung, kotoran berdarah. Anak-anak ayam umur 6 minggu sudah berbulu penuh dan tidak memerlukan lagi pemanasan pada siang hari.

Untuk mendukung pertumbuhan dapat dibantu dengan pemberian multivitamin atau dapat juga memberikanJamu Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam )

Demikian cara merawat anak ayam kampung baru menetas secara singkat, semoga bermanfaat

About the author

admin

Leave a Comment