duniaunggas.com  – Bentuk pakan puyuh baru menetas, sebagai peternak pemula tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara memberi dan bentuk pakan puyuh baru menetas. Masa krisis pada puyuh adalah pada masa awal pemeliharaan. Yaitu pada umur Nol hari hingga pada umur 7 hari.  Namun sebelum kita memberikan pakan puyuh baru menetas sebaiknya kita pahami terlebih alas kandang anakan puyuh. Pada umumnya ada 2 cara pembuatan alas kandang puyuh baru menetas. Yaitu sebagai berikut :

  • Baby box dengan alas kandang dari koran bekas yang terlebih dahulu diremas. Tujuannya adalah agar anakan puyuh tidak tergelincir pada saat melakukan aktifitas dalam kandang brooding.
  • Kandang baby box dan atau dengan kandang sekat besar. Kandang pada jenis ini biasanya menggunakan ruangan yang agak lebih besar dan sebagai alas yang digunakan adalah serbuk (sekam) gergajian kayu. Biasanya yang digunakan adalah serbuk gergajian yang kasar agar puyuh dapat membedakan antara pakan dan alas kandang.

Simak juga Pemeliharaan Puyuh Umur 1 Hari Sampai Afkir

Beberapa Cara Dan Bentuk Pakan Puyuh Baru Menetas

pakan puyuh baru menetas

pakan puyuh baru menetas

Pakan puyuh baru menetas yang biasa digunakan adalah berupa tepung komplit. Dan sudah mudah diperoleh pada toko peternakan langganan anda. Dan pemberian awal dapat ditabur diatas koran alas kandang dan dibuat dalam nampan khusus sebagai tempat pakan anakan puyuh.  Jika  didaerah peternakan anda tidak anda yang menjual pakan tepung komplit dapat diakali dengan cara menumbuk halus pakan ayam starter (pakan BR 01). Atau bisa diakali dengan memBLENDER pakan ayam pedaging starter.

Pemberian pakan tepung atau pakan halus hendaknya selalu tersedia selalu dalam kandang. Pakan dapat ditabur langsung pada alas kandang yang dari koran. Dan biasanya ini dilakukan hanya sampai dengan umur puyuh 3 hari hingga 5 hari. Selanjutnya pakan pakan sudah dapat ditempatkan pada nampan saja. Dan jangan lupa selalu menyediakan air minum puyuh yang sudah bercampur vitamin atau jamu yang berguna sebagai pendukung pertumbuhan puyuh masa pertumbuhan awal.

Simak juga Cara membuat Pakan Puyuh Petelur

Pakan puyuh baru menetas yang biasa ditemukan pada toko peternakan adalah pakan dari merk pokpan ( 311 vivo, nouvo dan bravo) dan dapat juga dari merk gold coin ( 201 M ). Pemberian pakan halus ini cukup sampai dengan umur 15 hari saja, setelah umur puyuh 16 hari sampai dengan 30 hari pakan sudah dapat dicampur dengan pakan yang berbentuk butiran ( 50% pakan halus + 50% pakan butiran). Dan pada puyuh yang sudah umur 30 – 40 hari sudah 100% butiran. Jika puyuh sudah berumur 40 – 50 hari pemberian pakan dapat dicampur dengan pakan puyuh khusus petelur. Dimana campuran pakan 50% pakan pedaging ditambah dengan 50% pakan puyuh petelur. Pada umur puyuh 51 hari sampai dengan afkir sudah dapat memberikan pakan puyuh petelur 100%.

Simak juga Cara Memberi Vaksin Pada Puyuh Petelur

Catatan :

  1. Berikanlah selalu pakan yang berkualitas pada puyuh
  2. Pemberian pakan pada puyuh pada masa pertumbuhan hendaknya berupa pakan ayam pedaging starter ( BR 01)
  3. Jangan memberikan pakan puyuh petelur pada puyuh apabila puyuh belum genap atau diatas umur 40 hari
  4. Kualitas puyuh kedepannya adalah berdasarkan kualitas pemberian pakan diawal pemeliharaan
  5. Berikan selalu multivitamin maupun jamu yang mendukung pertumbuhan

Demikianlah cara memberi pakan pada puyuh baru menetas serta cara pemberiannya. KUALITAS PUYUH KEDEPANNYA BERAWAL DARI PEMELIHARAAN DIMASA AWAL. Semoga bermanfaat. Sumber duniunggas.com

About the author

admin

3 Comments

Leave a Comment