Cara membuat Pakan Puyuh Petelur

duniaunggas.com – Cara membuat pakan puyuh petelur untuk ternak puyuh yang kita pelihara. Pakan yang akan kita buat adalah yang memiliki kualitas yang hampir sama persis dengan buatan pabrik. Yang mana kualitas yang dimaksud adalah tidak memiliki efek buruk terhadap puyuh layer. Baik dari segi performa puyuh dan juga jumlah produksi telur harian yang akan kita ambil.  Melihat situasi pasar yang sangat tidak menentu pada saat ini mengenai harga jual telur serta harga pakan yang selalu naik membuat para peternak harus bisa mengakali guna menurunkan biaya produksi. Namun tidak mengurangi produktifitas puyuh petelur. Salah satu cara tersebut adalah membuat pakan sendiri untuk ternak kita. Untuk bahan bahan yang akan kita gunakan adalah bahan bahan yang selalu tersedia disekitar kita dan keberadaannya selalu kontiniu. Dan tentunya harganya tidak melebihi atau sama dengan harga pakan pabrik.

Cara membuat pakan puyuh petelur, dengan menggunakan bahan tambahan seperti konsentrat untuk memenuhi segala kebutuhan bahan bahan dasar unsur penyusunan. Seperti tepung daging dan tulang serta bahan lainnya yang membantu daya cerna setelah AGP dilarang dalam campuran pakan. Setelah Pemerintah melarang penggunaan AGP ( antibiotik Growth Promoter ) dalam pakan. Memang ada kendala dalam pembuatan pakan sendiri untuk puyuh bila tidak ada campuran pakan dari pabrik. Sementara bila kita tambahkan langsung AGP pada pakan dapat berakibat sanksi hukum sesuai dengan peraturan Pemerintah tentang larangan penggunan AGP dalam pakan.

Namun itu bukanlah semua rintangan yang berat untuk membuat pakan sendiri. Dengan menambahkan pakan pabrik, baik berupa pakan jadi ataupun konsentrat khusus layer. Maka bahan sebagai pengganti AGP sudah tersedia pada pakan yang kita buat. Namun kali ini kita akan menggunakan pakan dari pabrik yang berupa konsentrat sebagai bahan tambahan pembuatan pakan.  Fungsi dari AGP ( Antibiotik Growth Promotor ) adalah membantu ungggas untuk memaksimalkan daya cerna pakan yang dikonsumsi. Sehingga daya cerna terhadap nutrisi yang dikandung pada pakan yang kita buat dapat terserap semaksimal mungkin. Sehingga pemberian pakan dapat lebih efektif dan efesien.  Dipasaran saat ini sudah banyak yang menjual bahan pengganti AGP yang berupa bahan herbal. Manfaat Kunyit Untuk Puyuh Dan Ayam

AGP yang dijual dipasaran saat ini sudah banyak yang berupa pengaplikasian melalui air minum maupun dicampur dengan pakan. Namun sebelum kita mengetahui cara membuat pakan puyuh petelur, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kebutuhan minimal nutrisi harian puyuh petelur. Sehingga pakan yang kita buat bisa kita ketahui kadar nutrisi pakan yang dibuat. Serta Mengetahui kadar nutrisi setiap bahan yang akan kita gunakan.

Kebutuhan Nutrisi Minimal Puyuh Petelur Layer

  • Kandungan air dalam pakan  Maksimal 13%
  • Energi Metabolisme (EM) 2.600 – 2700 kcal/kg
  • Protein kasar (CP ) Minimal 19%
  • Lemak 5%
  • Serat kasar Maksimal 7%
  • Kalsium (Ca) 3 – 3,5%
  • Phospor (P) 0,5 – 0,7 %

Kandungan nutrisi berbagai bahan pakan sebagai dasar cara membuat pakan puyuh petelur

penggunaan maksimal bahan baku pakan

Tabel bahan dan kandungan nutrisi

Setelah kita mengetahui kandungan nutrisi pada setiap bahan penyusunan pakan, langkah kedepannya kita sudah mudah untuk membuat pakan. Bahan dasar penyususnan pakan yang akan kita gunakan adalah bahan yang mudah kita dapat. Bahan bahan yang akan kita gunakan adalah Jagung ( jagung giling halus), konsentrat 144 dan atau konsentrat 124 dari Pokphand, Dedak padi halus, bungkil kedelai, tepung ikan, premiks atau topmix dan Mineral B12.

Contoh Cara Membuat Pakan Puyuh Petelur

cara membuat pakan puyuh

Standar kebutuhan nutrisi puyuh dan cara membuat pakan puyuh

cara

Contoh Susunan Bahan Pakan

Dengan bahan bahan diatas tentunya sudah mendekati atau bahkan sama persis dengan kualitas pakan pabrik. Untuk memenuhi kebutuhan asam amino essensial pada pakan dapat menambahkan premiks atau top mix dan juga Mineral B12 atau mineral sejenisnya sebagai pelengkap asam amino serta kalsium terhadap kebutuhan puyuh.  Gunakanlah selalu selalu bahan yang berkualitas baik, seperti jagung yang cukup kering ( kandungan air mksimal 12% ). Untuk menjaga kulaitas pakan yang kita buat dapat menambahkan Toksin Binder pada pakan. Penambahan Prebiotik pada pakan juga sangat bermanfaat guna memaksimalkan daya cerna pakan yang kita buat ( Maksimal TDN ).

Dalam aplikasi ini telah dilengkapi berbagai bahan sebagai penyusun pakan. Dan banyak pilihan bahan bahan yang memang selalu tersedia disekitar anda. Dan tiap bahan sudah dilengkapi dengan jumlah kadar nutrisinya sehingga sangat memudahkan anda dalam menyusun pembuatan pakan. Dan dalam panduan tersebut sudah dilengkapi jumlah batas maksimal pengguanaan setiap bahan. Sehingga dengan panduan tersebut maka anda tidak akan menambahkan bahan tertentu melebihi jumlah maksimal dalam setiap campuran pakan.

Setiap hasil akhir pakan yang anda buat, bila masih ada suatu nutrisi yang kurang maka anda dapat menambah atau mengurangi bahan tertentu sampai nilai nutrisi yang dikehendaki dapat terpenuhi. Sehingga kebutuhan nutrisi minimal dapat terpenuhi.

Aplikasi Cara Membuat Pakan Puyuh Petelur

Jika anda berminat ingin membuat pakan puyuh anda sendiri, tim kami telah menciptakan sebuah aplikasi cara pembuatan pakan puyuh. Dalam aplikasi ini anda tinggal memasukkan bahan saja dan kemudian aplikasinya yang akan menghitung kadar nutrisi pakan buatan anda. Aplikasi ini berupa sebuah CD dan berbasis MS Excel. Dalam CD ini telah tertera bahan bahan yang akan anda gunakan serta dilengkapi dengan kadar nutrisinya. Nilai nutrisi bahan yang dicantuntumkan sudah melalui penelitian untuk mengetahui kadar nutrisi setiap pakan. Tugas anda hanya memasukkan atau input bahan saja. Dan arahan agar tidak menggunakan bahan tertentu melebihi jumlah maksimal. Perhatikan juga Penggunaan Maksimal Bahan Baku Pakan Puyuh Ayam

Setiap pembelian 1 unit CD aplikasi pembuatan pakan maka anda berhak atau secara otomatis akan kami masukkan dalam group Telegram Pengolahan Pakan Unggas. Sehingga setiap anggota group se Nusantara saling berinteraksi mengenai pengolahan pakan yang kita buat. Dan tentunya segala keluhan dan atau hambatan dilapangan akan kita bahas disana secara bersama sama dan anggota group akan selalu mensupport satu sama lain. Harga 1 unit aplikasi ini hanya Rp 352.500,- Nett. Free ongkos kirim ke Seluruh Indonesia. Dan pengiriman melalui J&T dan JNE.

For Overseas this aplication cost is US$ 24.6 + Postal fee. For further information please cantact us with address and phone number below.

Dengan hanya Rp 352.500.- anda sudah dapat mengurangi biaya produksi harian dengan tanpa mengurangi hasil produksi telur layer anda.

Jika anda ingin memiliki CD tersebut dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di :

  • email                     ” horassilalahi83@gmail.com “
  • Handphone           ” +62813 9715 4091 “
  • WhatApps             ” +62813 9715 4091 “

Sumber duniaunggas.com    semoga bermanfaat

About the author

admin

2 Comments

Leave a Comment