duniaunggas.com – Kandungan Gizi dan Manfaat Merica Untuk Kesehatan. Lada atau biasa juga disebut merica adalah salah satu rempah-rempah yang paling banyak digunakan dalam masakan untuk menambahkan rasa untuk setiap makanan dan biasanya paling banyak digunakan untuk bumbu daging. Tidak hanya itu lada juga baik untuk kesehatan dan akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara teratur. Manfaat merica untuk unggas, sudah tidak diragukan lagi, dan sudah banyak peternak ayam puyuh yang sudah menggunakan bahan herbal yang satu ini, terutama pada musim penghujan dimana dengan tingginya curah hujan maka bakteri juga berkembang dengan pesat. Manfaat merica untuk unggas, mampu mengobati beberapa penyakit unggas yang disebabkan tingginya kelembapan pada kandang.

 

Merica mengandung zat kavisin yang membawa sifat pedas. Di dalam tubuh, senyawa-senyawa yang menjadi sumber rasa pedas akan bekerja meredam aktivitas otak saat menerima sinyal rasa sakit yang disalurkan dari sistem syaraf. Oleh sebab itu, beban rasa sakit yang tadinya tinggi jadi berkurang.

Manfaat Merica Pada Unggas

Manfaat Merica Pada Unggas

Kandungan Nutrisi Pada Lada :

Kandungan nutrisi pada merica  meliputi: Vitamin K, Vitamin B1, B2, B3, Vitamin E, Serat, Kalsium, Besi, Kalium, Manggan, Magnesium, Seng.

Khasiat Lada Bagi Kesehatan unggas :

– Membantu dalam menghilangkan lemak tubuh sehingga membantu unggas mengurangi dobolan, Adakalanya            dengan pemberian vitamin penunjang produksi malah unggas layer terkena dobolan atau Prolapsus.

– Mencegah terjadinya gas di usus layer ( kembung pada unggas)

– Membantu menghilangkan racun dari cairan tubuh ( rakus yang diakibatkan pada pakan yang terlalu lembab atau     basas) dengan penambahan merica giling mampu mengurang kadar toksin pada pakan yang terlalu lembab

– Merangsang metabolisme tubuh sehingga membantu untuk membakar lemak lebih cepat

– Mengatur transit di usus ( proses penyerapan nutrisi pada pakan)

– Memperbaiki pencernaan

– Meningkatkan kesehatan tulang dengan kandungan kalsium dalam lada atau merica

– Membantu mengurangi risiko keracunan yang disebabkan hewan lain yang masuk kedalam kandang ( burung liar      dan tikus)

– Membantu mencegah dan mengurangi stress lelah kandang

– Peningkatan dan merangsang sistem peredaran darah ( mengurangi tingkat stress yang diakibatkan suhu kandang yang terlalu panas )

– Mencegah infeksi gastrointestinal

– Membantu dalam melawan jamur pada kulit Manfaat Kunyit Untuk Puyuh Dan Ayam

Itulah beberapa manfaat lada bagi kesehatan unggas. Cara Mengobati Bebek Makan Bangkai

Sumber duniaunggas.com dan berbagai sumber serta kandang kelompok

About the author

admin

Add Comment

  • […] Sesuai dan berdasarkan yang telah kami lakukan dibeberapa kandang kelompok, lada hitam kami tambahkan dengan daun durian belanda atau yang biasa disebur daun SIRSAK. Sejauh ini berhasil namun untuk alasan ilmiahnya kami masih terus berupaya untuk mengungkapkannya. Baca juga Manfaat Merica Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam ) […]

  • […] Tindakan yang lainnya adalah dengan mencampurkan merica giling pada makanan bebek. Tujuan ini adalah sama persis untuk melawan atau menangkal daya kerja racun tersebut. Dalam kandungan merica juga terdapat senyawa yang kuat untuk melawan racun dalam tubuh. Merica juga ampuh membunuh belatung yang masih hidup dalam tembolok bebek. Manfaat Merica Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam ) […]

Leave a Comment