Cara Mengobati Bebek Makan Bangkai

duniaunggas.com – Cara mengobati bebek makan bangkai adalah tentunya dengan memberikan obat dengan obat yang tepat supaya pengobatan berjalan dengan baik. Bebek merupakan jenis unggas yang sering dipelihara masyarakat Indonesia khususnya di daerah pedesaan. Dalam beternak bebek ada dua pilihan yang diambil, yaitu telur dan dagingnya. Bahasan kita kali ini adalah tentang mengatasi atau mengobati bebek petelur yang memakan bangkai yang menyebabkan bebek sakit atau bahkan lumpuh.

Bebek makan bangkai dan mati

Bebek Lumpuh Dan Mati

Bebek sakit biasanya karena adanya serangan penyakit, baik dikarenakan virus maupun bakteri. Bebek yang lumpuh biasanya karena kandungan nutrisi penting dalam pakan tidak seimbang dengan kebutuhan minimal bebek petelur. Kekurangan Kalsium (Ca) dan Posphor (P) dapat menyebabkan bebek menjadi lumpuh. Kedua unsur tersebut diperlukan untuk membentuk kerabang telur, selain itu diperlukan juga sebagai kekuatan tulang dalam aktifitas sehari hari bebek. Cara mengatasi ini adalah dengan menambahkan pakan tambahan yang mengandung kalsium serta posphor yang cukup guna menutupi kekurangan akan kalsium dan posphor tersebut.

Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana cara mengobati bebek makan bangkai yang menyebabkan bebek keracunan serta mengakibatkan kelumpuhan bahkan kematian. Akibat memakan bangkai atau belatung atau juga keracunan .Di lapangan kasus penyakit lumpuh akibat penyakit botulismus—infeksi oleh bakteri Clostridium botulinum—karena bebek sering memakan bangkai memang sering terjadi. Dampak yang ditimbulkan biasanya berupa penurunan produksi telur dan penurunan berat badan bahkan kematian. “Kalau sudah begini gejala yang paling sering terlihat leher bebek yang lunglai seperti tidak bertulang, tidak tegap setelah memakan bangkai yang sudah 1-3 hari. Beberapa jam kemudian leher lunglai ini akan berujung pada kematian,”

Hewan ternak bebek jika memakan makanannya tidaklah dikunya melainkan langsung ditelan. Bebek saat memakan bangkai sering kali ulat atau belatung yang dimakannya bertahan hidup di dalam tembolok bebek. Yang mengakibatkan bebek kekurangan nutrisi karena pakan yang dimakan bebek sudah terlebih dahulu di makan atau diserap oleh belatung tersebut.

Cara mengobati Bebek Makan Bangkai

Jika bebek memakan bangkai

Berikan minyak gorena untuk diminum atau di cecokin sebanyak 5 ml. tujuan ini adalah agar bebek merasa haus dan selalu minum. Dengan selalu minum maka kadar air dalam darah menjadi tinggi sehingga mengurangi daya kerja racun tersebut.

Tindakan yang lainnya adalah dengan mencampurkan merica giling pada makanan bebek. Tujuan ini adalah sama persis untuk melawan atau menangkal daya kerja racun tersebut. Dalam kandungan merica juga terdapat senyawa yang kuat untuk melawan racun dalam tubuh. Merica juga ampuh membunuh belatung yang masih hidup dalam tembolok bebek. Manfaat Merica Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam )

Dengan kandungan senyawa dan unsur unsur lainnya mampu mengobati bebek yang keracunan dan lumpuh akibat memakan bangkai. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

About the author

admin

1 Comment

Leave a Comment