duniaunggas.com – Cara mengurangi lalat pada kandang puyuh. Lalat merupakan jenis serangga yang dapat menggangu kenyamanan lingkungan sekitar. Belum lagi bila memelihara ternak jenis puyuh yang berada di sekitar lingkungan kita. Keberadaan lalat pada lingkungan dan atau sekitar kadang puyuh, sangatlah mengganggu. Belum lagi lalat ini dapat menyebarkan berbagai jenis penyakit. Baik dari lalat ke manusia dan juga dari lalat ke ternak puyuh. Sehingga sangat memungkinkan penyebaran penyakit pada kandang puyuh. 

Beberapa Cara Mengurangi Lalat Pada Kandang Puyuh

Ada beberapa cara mengurangi lalat pada kandang puyuh kita. Baik dari makanan puyuh itu sendiri maupun dengan menggunakan alat perangkap yang khusus lalat. 

  1. Menggunakan prebiotik 

Tambahkan prebitok pada pakan. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan daya cerna pakan. Sehingga kotoran yang dikeluarkan puyuh sudah kotoran murni. Sehingga nutrisi lebih sedikit terbuang dan mampu menghambat pertumbuhan telur maupun larva lalat. 

Simak juga Cara Menghilangkan Lalat Pada Kandang Puyuh

Prebiotik yang dapat digunakan bisa anda beli di toko peternakan. Sebagai contoh anda dapat menggunakan StarBio khusus Monogastrik ( Hewan bertembolok ).  Atau anda dapat juga menggunakan prebiotik herbal, semisal tepung kunyit dan atau jamu herbal. Dimana fungsi jamu herbal ini berfungsi sebagai sumber vitamin dan juga prebiotik yang berfungsi memaksimalkan pencernaan puyuh. Untuk bahan dan cara membuatnya dapat anda simak Jamu Herbal Untuk Unggas (Puyuh Dan Ayam) Dan Manfaat Kunyit Untuk Puyuh Dan Ayam

Penggunaan bahan herbal diatas dapat digunakan sebagai solusi cara mengurangi lalat pada kandang puyuh kita. Dimana dengan maksimalnya pencernaan sehingga lebih sedikit nutrisi yang terbuang pada kotoran. Sehingga menghambat pertumbuhan larva lalat yang berada pada kotoran puyuh.

       2. Menggunakan Perangkap Lalat

Cara yang satu ini memang cukup ampuh dalam mengendalikan perkembangan pertumbuhan lalat. Dimana lalat yang sudah dewasa bisa terperangkap sebelum melakukan aktifitas perkebang biakan. Perangkap lalat sudah sangat banyak dijual dipasaran dan bentuk perangkap ini juga sangat variatif, sehingga kita dengan mudah memilih salah satu perangkap lalat yang kita inginkan. Perangkap yang biasa digunakan antara lain  KERTAS LEM LALAT, dimana penggunaannya sangat praktis. Tinggal buka dan pasang dilantai kandang puyuh, maka lalat yang yang hinggap akan lengket dan tidak bisa lepas kembali. 

Perangkap lalat dengan menggunakan lem. Dimana lem ini digunakan pada batang lidi dan kemudian oles  lem tersebut. Posisi lidi yang dioles lem adalah tegak lurus atau berdiri. Kemudian letakkan perangkap didalam kandang. Sehingga lalat yang singgap akan lengket dan tidak bisa lepas. 

      3.  Menggunakan Racun lalat

nampan racun lalat

racun lalat dalam kandang

Dengan menggunakan racun lalat. Cara yang satu ini cukup cepat dalam menanggulangi perkembang biakan lalat tersebut. Dimana lalat ini langsung tewas ditempat. Cara penggunaannya cukup campurkan larutan racun lalat dalam air kemudian semprot pada permukaan lantai kandang atau pada kerumunan lalat. Penggunaan racun lalat tidak beresiko pada kesehatan puyuh. Alasannya racun lalat ini hanya akan membunuh serangga yang memiliki jenis darah putih. Sementara lalat hanya memiliki jenis darah putih saja. Puyuh memiliki darah merah dan putih, sehingga tidak berpengaruh buruk terhadapa kesehatan puyuh. Untuk jenis racun lalat ini dapat anda tanyakan langsung pada toko peternakan langganan anda. 

Demikianlah beberapa cara mengurangi lalat pada kandang puyuh yang kita pelihara. 

About the author

admin

Leave a Comment