duniaunggas.com  – Cara menghilangkan lalat pada kandang puyuh petelur maupun kandang puyuh pada saat pembesaran. Dalam usaha bertenak puyuh memang sangat bermanfaat untuk sebagai penghasilan utama serta banyak juga yang menjadikannya sebagai pendapatan tambahan ( passive income ). Namum dalam pemeliharaan ataupun pembudidayaan puyuh ini, sering kali kita berhadapan dengan masalah lingkungan. Selain dari aroma kotoran ternak, yang paling polemik adalah masalah lalat. Bahwa banyak masyarakat beranggapan bahwa lalat tersebut bersumber dari kandang puyuh kita. Namun bila kita kaji lebih jauh, bisa jadi tidak. Dengan adanya genagan air sekitar lingkungan, lumpur yang kotor bisa juga sebagai media perkembangbiakan lalat. Yang walaupun tidak dapat kita pungkuri bahwa kotoran puyuh memang adalah wadah yang sangat ideal bagi perkembang biakan lalat.

Cara Menghilangkan lalat Pada kandang Puyuh

Walau demikian jangan kawatir akan momok lalat tersebut. Kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan lalat pada kandang puyuh yang kita pelihara.  Pada umumnya lalat dapat berkembang biak pada kotoran puyuh. Baik kotoran puyuh yang basah maupun yang lembab. Perkembang biakan lalat ini ditandai dengan adanya ulat pada tumpukan kotaran puyuh. Yang menjadi pertanyaan mengapa lalat tersebut dapat berkembang biak pada kotoran [uyuh dan apa yang menjadi sumber makanan ulat calon lalat tersebut ?

 Berikan rebusan kunyit atau tepung kunyit pada pakan atau air minum 

Manfaat Kunyit Untuk Puyuh Dan Ayam

Pada umumnya kotoran yang di keluarkan puyuh masih mengandung nutrisi dari pakan yang dimakan puyuh. Ini ditandai dengan rendahnya nilai TDN ( Total Digested Nutrient ) atau umumnya Totan nilai cerna pada pakan puyuh. Dengan adanya sisa nutrisi dari kotoran tersebutlah yang akan menjadi sumber makanan ulat calon lalat tersebut. Untuk mengatasi hal ini tambahkan PREBIOTIK pada pakan puyuh. Tujuannya untuk memaksimalkan pencernaan pakan yang dimakan puyuh tersebut. Atau dapat juga dengan memberi Jamu Unggas, Cara Membuat Dan Bahannya

Dan atau jamu sederhana namun berfungsi sangat membantu memaksimalkan percernaan puyuh tersebut Jamu Herbal Untuk Unggas (Puyuh Dan Ayam)

Dengan menggunakan jamu ataupun ramuan herbal tersebut maka kotoran puyuh akan semakin kering dikarenakan kadar nutrisi pada kotoran puyuh sudah tinggal sedikit. Sehingga lalat yang bertelur pada kotoran puyuh tidak dapat tumbuh berkembang sampai menjadi larva. dikarenakan habis ataunya kurangnya nutrisi yang akan diserap oleh ulat tersebut pada kotoran puyuh tersebut. 

Buang Kotoran puyuh Sesering mungkin

Dengan menumpuknya kotoran puyuh dapat menjadi perkembang biakan lalat. Buanglah selalu kotoran puyuh 2 atau 3 hari sekali. Atau setidaknya 2 kali dalam seminggu. Sehingga Amoniak berkurang pada kandang dan juga berperan menghambat perkembang biakan lalat.

Gunakan Prebiotik Sebagai Penghilang Lalat Pada kandang Puyuh

prebiotik cara menghilangkan lalat

Prebiotik khusus Unggas

Prebiotik sangat bermanfaat sebagai pembantu memaksimalkan percernaan puyuh. Sehingga menghambat lalat berkemng biak pada kototan puyuh. Selain itu prebiotik juga berperan untuk memaksimalkan produksi puyuh, baik telur maupun daging.  Dengan pemberian prebiotik kita mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain :

  1. Kotoran puyuh menjadi lebih kering, sehingga menghambat perkembang biakan lalat
  2. Memaksimalkan pencernaan, sehinggan meningkatkan produksi telur, dengan memberikan prebiotik dapat meningkatkan produksi telur 5 sampai dengan 10%
  3. Meningkatkan performa puyuh layer, sehingga lebih sehat dan tidak mudah diserang penyakit
  4. Mengurangi Amoniak pada kandang puyuh

Menggunakan Perangkat Sebagai Pengurang Lalat Pada kandang Puyuh

Simak juga kegunaan Manfaat Kunyit Untuk Puyuh Dan Ayam

Perangkap lalat sudah banyak dijual dipasaran dan kita tinggal menggunakannya saja. Cara ini cukup praktis dan tidak bikin ribet. Namun Sifat perangkap lalat ini hanya bersifat sementara. Yaitu hanya sebagai pengendali sementara. Dilain sisi lalat masih berkembang biak pada kotoran puyuh yang ada pada kandang puyuh.

Catatan penting :

  1. Usahakan kotoran puyuh kering
  2. Hindari ceceran air minum yang jatuh langsung pada kotoran puyuh
  3. Berikan Prebiotik pada pakan puyuh atau memberikan jamu
  4. Jika masih ada ada lalat yang berkeliaran dalam kandang dapat disiasati dengan menggunakan perangkap lalat

Demikian beberapa cara menghilangkan lalat pada kandang puyuh dan cara pengendalian perkembang biakan lalat pada kandang puyuh.

sumber, duniaunggas.com

Semoga bermanfaat

About the author

admin

Add Comment

Leave a Comment