duniaunggas.com – Cara membuat pakan bebek petelur untuk ternak bebek layer. Bebek petelur merupakan salah satu unggas yang sering dipelihara. Dimana dalam beternak bebek hasil yang sering diambil adalah telur. Kalau beternak bebek pedaging agak jarang dibudidayakan masyarakat Indonesia. Bebek pedaging yang biasa dipelihara adalah jenis bebek Peking. Namun pada umumnya masyarakat Indonesia lebih memilih membudidayakan bebek petelur. Dimana hasil yang diharapkan adalah telur setiap harinya.

Dalam budidaya bebek petelur ada beberapa faktor yang dapat menghambat memperoleh keuntungan yang lebih maksimal. Selain faktor penghambat berupa penyakit dikandang dalam pemeliharaan, masalah pakan juga ikut mengambil andil. Dengan harga pakan yang selalu mahal dan lebih sering naik dalam tiap bulan daripada turunnya. Sementara harga jual telur selain lebih sering selalu stagnan, pada masa tertentu harga telur bebek bisa turun. Dan tentunya untuk mengurangi resiko ini peternak hendaklah mampu mensiasati pembuatan pakan. Namun kualitas pakan harus sama persis atau mendekati kualitas pakan pabrik. Atau setidaknya tidak berpengaruh negatif terhadap pemeliharaan bebek petelur. Jamu Unggas, Cara Membuat Dan Bahannya

Cara membuat pakan bebek petelur, dengan menggunakan bahan tambahan seperti konsentrat untuk bebek petelur penambahan tepung ikan serta premiks dan mineral.  Semenjak Pemerintah melarang penggunaan AGP (Antibiotik Growth Promotor ) dalam campuran pakan memang menimbulkan turunnya nilai serap nutrisi pada pakan (TDN). Sehingga pakan yang dikonsumsi yang mengandung protein dan lain lain banyak yang terbuang melalui feses. Karena kurangnya daya cerna. TDN atau Total Digested Nutrient merupakan daya serap nutrisi pakan. Semakin rendah TDN maka semakin besar kerugian. Semakin tinggi TDN maka semakin tinggi daya serap pakan oleh bebek sehingga FCR kecil dan produksi stabil dan bahklan meningkat dengan jumlah pakan yang sama.

Cara membuat pakan bebek petelur dengan bahan yang berkualitas dan selalu ada kontiniu keberadaannya. Seperti contoh bahan pakan, konsentrat, jagung, dedak padi, tepung ikan, bungkil kacang kedelai serta bahan lainya untuk melengkapi segala kebutuhan nutrisi bebek. Sebagai tambahan dan pengganti AGP dapat menambahkan Manfaat Kunyit Untuk Puyuh Dan Ayam

Standar kebutuhan nutrisi minimal untuk bebek petelur adalah sebagai berikut :

  • Kandungan air dalam pakan  Maksimal 13%
  • Energi Metabolisme (EM) 2700 kcal/kg
  • Protein kasar (CP ) Minimal 18%
  • Lemak 5%
  • Serat kasar Maksimal 7%
  • Kalsium (Ca) 3 – 4%
  • Phospor (P) 0,5 – 0,7 %
  • Metionin 0,37 %
  • Lisin 1,05

Kandungan nutrisi berbagai bahan pakan sebagai dasar cara membuat pakan bebek petelur

cara membuat pakan bebek petelur

Bahan Pakan dan Kandungan Nutrisi

Setelah kita mengetahui kandungan nutrisi pada setiap bahan penyusunan pakan, langkah berikutnya adalah kita sudah mudah untuk membuat pakan. Bahan dasar penyususnan pakan yang akan kita gunakan adalah bahan yang mudah kita dapat dan selalu tersedia.

Contoh Cara Membuat Pakan Bebek Petelur

cara membuat pakan bebek petelur

Tabel campuran pakan 1

Dengan bahan bahan diatas tentunya sudah mendekati atau bahkan sama persis dengan kualitas pakan pabrik. Untuk memenuhi kebutuhan asam amino essensial pada pakan dapat menambahkan premiks atau vitamin berupa serbuk yang khusus untuk bebek dan juga Mineral bebek sebagai pelengkap asam amino terhadap kebutuhan bebek.  Gunakanlah selalu selalu bahan yang berkualitas baik, seperti jagung yang cukup kering ( kandungan air mksimal 12% ). Untuk menjaga kulaitas pakan yang kita buat dapat menambahkan Toksin Binder pada pakan. Penambahan Prebiotik pada pakan juga sangat bermanfaat guna memaksimalkan daya cerna pakan yang kita buat.

cara membuat pakan bebek petelur

Tabel campuran pakan 2

Jika anda berminat ingin membuat pakan bebek anda sendiri, tim kami telah menciptakan sebuah aplikasi cara pembuatan pakan bebek. Dalam aplikasi ini anda tinggal memasukkan bahan saja dan kemudian aplikasinya yang akan menghitung kadar nutrisi pakan buatan anda. Aplikasi ini berupa sebuah CD dan berbasis MS Excel. Dalam CD ini telah tertera bahan bahan yang akan anda gunakan serta dilengkapi dengan kadar nutrisinya. Tugas anda hanya memasukkan atau input bahan saja. Perhatikan juga Penggunaan Maksimal Bahan Baku Pakan Puyuh Ayam

Aplikasi CD ini hanya Rp 352.500,- Nett. Free ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Pengiriman melalui J&T dan JNE. Dengan hanya mengeluarkan biaya tersebut diatas anda telah dapat membuat pakan untuk bebek petelur. Dan secara otomatis anda akan kami masukkan dalam group Whatapps pengolahan pakan bebek seNusantara. Segala sesuatu halang dan rintangan akan kita bahas disana dalam pengolahan pakan. Dan tentunya para anggota komunitas akan selalu saling mensupport  satu sama lain mengenai pembuatan pakan. Jika anda ingin memiliki CD tersebut dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di :

  • email                 “horassilalahi83@gmail.com”
  • Handphone      ” +62813 9715 4091 “
  • Whatapps         ” +62813 9715 4091 “

Sumber duniaunggas.com    semoga bermanfaat

About the author

admin

Add Comment

Leave a Comment