Cara Mengatasi Musang Pada Kandang Ayam

duniaunggas.com  – cara mengatasi musang pada kandang ayam. Beternak ayam masih menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Dimana setelah pemerintah melarang penggunaan AGP ( Antibiotik Growth Promotor ) Harga jual daging ayam broiler maupun ayam joper ( ayam kampung ) relatif tinggi. AGP sendiri berfungsi sebagai penunjang pertumbuhan ayam, dan memaksimalkan daya cerna pakan yang kita berikan. Sehingga diperoleh FCR yang rendah. Semakin rendah FCR maka keuntungna yang diperoleh semakin tinggi. Dan sebaliknya FCR yang tinggi mengakibatkan keuntungan yang rendah karena biaya pakan yang tinggi.

Namun saat pemeliharaan yang baik dan pemberian pakan yang cukup, ada saja kendala dilapangan. Kendala tersebut dengan adanya serangan hama musang ke dalam kandang ayam.  Sebaik baiknya pemeliharaan apabila musang masu ke kandang ayam dan memakan ayam peliharaan kita tentunya dapat menimbulkan kerugian. Dimana jumlah ayam yang kita pelihara akan berkurang dengan berjalan waktu selalu di makan musang.

Beberapa Cara Mengatasi  Musang Pada Kandang Ayam

cara mengatasi musang pada kandang ayam

Musang dalam perangkap

 1. Terangi Kondisi di Dalam Kandang

Musang merupakan binatang nokturnal. Dia lebih aktif saat di malam hari ketimbang di siang hari. Sama seperti hewan nokturnal lainnya misalnya burung hantu, musang pun tidak kuat terhadap cahaya. Mereka cenderung akan menjauhi tempat-tempat yang memiliki cahaya cukup terang karena tidak kuat dengan sinarnya. Jadi kita bisa memasang beberapa lampu untuk membuat suasana kandang terang-benderang.

2. Pelihara Anjing Sebagai Menjaga

Musang merupakan predator bagi ayam. Namun di sisi lain musang sangat takut pada anjing serta suara gonggongannya.  Jadi kitadapat menggunakan bantuan anjing untuk menjaga keamanan kandang. Niscaya tak ada musang yang berani memasuki area peternakan kalau ada anjing ada yang menjaganya. Cara Membuat Pakan Bebek Petelur

3. Tanam Pandan Wangi di Sekitar Lingkungan Kandang

Tanaman pandan mampu mengeluarkan aroma khas pandan ketika merasa terganggu. Misalnya untuk musang pandan yang akan mengeluarkan bau menyerupai daun pandan yang harum. Anda bisa mencoba trik dengan menanam tumbuhan pandan wangi di sekitar area kandang. Jika ada musang yang kebetulan lewat dan mencium baunya, dia pasti mengira kalau ada musang lain yang sedang marah, sehingga tak berani mendekatinya. Karena musang juga memiliki wilayah teritorial untuk berburu ( Mencari makan ) Seekor musang tidak akan memasuki wilayah baru bila mencium wangi pandan, dan atau malah akan berkelehi satu sama lain untuk mengklaim wilayah tersebut adalah wilayahnya.

4. Memasang Jaring keliling Kandang

Hewan noktural atau hewan yang sangat aktif pada malam hari memiliki insting yang sangat kuat. Salah satunya adalah musang. Biasanya musang akan menghindari wilayah buruannya jika ada ditemukan jaring. Di mana ada jaring, mereka akan langsung pergi menjauhinya. Anda bisa coba memasang jaring mengelilingi tempat peternakan sebagai pagar. Sebagai alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan paranet. Jaring ini cukup dipasang begitu saja tanpa membentuk jebakan karena fungsinya hanya untuk menakut-nakuti.

5. Usir Menggunakan Belerang

Jika kita  merasa yakin adanya sarang musang di sekitar kandang, namun sangat sulit menemukannya. Cara yang ampuh untuk mengusir musang yang bersarang disekitar kandang adalah dengan belerang. Belerang yang memiliki aroma yang sangat kuat dan musang tidak suka dengan aromanya tersebut. Musang merupakan hewan yang memiliki indera penciuman yang sangat kuat.  Bakarlah belerang tersebut dan letakkan pada daerah daerah yang kita curigai sebagai sarang dari musang tersebut. Dengan perlakuan tersebut niscaya musang akan berpindah untuk mencari kandang yang baru. Cara Membuat Pakan Ayam Joper

6. Pasanglah  Perangkap

Memasang jebakan merupakan salah satu cara bagaimana mengurangi populasi musang di sekitar peternakan kita. Untuk jebakan ataupun perangkap dapat menggunakan perangkap yang dijual toko peternakan atau anda dapat mengakalinya sendiri. Dan tentunya sebagai bahan umpan gunakanlah ayam juga. perangkap yang digunakan bisa merupakan kandang perangkap atau tali perangkap yang dipasang di daerah yang sering dilalau musang tersebut.

Demikianlah beberapa cara mengatasi musang pada kandang ayam. Bila cara diatas tidak membuahkan hasil maka cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan memburu musang tersebut secara langsung. Memburu secara langsung yang dimaksudkan adalah dengan menggunakan senapan. Pelajari atau simak pada kapan saja musang sering keluar sarang dan daerah mana saja yang sering dilalui musang tersebut. Gunakan senter yang sangat jelas saat berburu musang terebut. Biasanya musang tidak akan bergerak apabila matanya langsung senter dengan menggunakan senter yang sangat jelas. Dan pada saat itu saatnya dilakukan eksekusi tembak.

Selamat berburu musang diareal kandang ayam anda, semoga berhasil

Semoga bermanfaat. Sumber berbagai sumber dan duniaunggas.com

About the author

admin

Leave a Comment