Cara Menjerat Burung Murai Batu

duniaunggas.com – Cara menjerat burung murai batu dialam liar maupun di dalam hutan.  Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjerat burung murai batu. Yang berada di alam liar maupun di dalam hutan. Pada dasarnya banyak yang berpikir untuk menjerat burung murai batu. Kita harus membawa dan digantangkan  di dalam hutan sebagai pemacing burung yang akan kita pikat. Pada saat ini sudah banyak yang menggunakan suara dari MP3 maupun handphone yang menghasilkan kicau burung murai batu.

cara menjerat burung murai batu

jaring pikat burung

Namun diatas dari semua itu kita harus memahami sifat alam dasar dari burung yang akan kita pikat. Cara memikat burung murai batu adalah kita harus memahami sifat teritorial burung murai batu. Burung murai batu memiliki sifat teritorial yang mana burung murai batu merasa memiliki daerah tertentu adalah sebagai wilayah kekuasaannya. Apabila ada burung kicau lain memasuki wilayah tersebut maka burung tersebut akan melakukan segala upaya untuk mengusir yang memasuki wilayahnya. Sifat teritorial adalah merupakan sifat yang merasa daerah tersebut adalah daerah kekuasaannya untuk mencari makan, kawin dan tempat berkembang biak.

cara

contoh pikat nilon tancap

Cara menjerat burung murai batu dengan menggunakan alat jaring atau tali nilon pikat.

Dan menggunakan umpan jangkrik serta ulat hongkong. Setelah mengetahui daerah teritorialnya kita dapat memasang jaring pikat maupun nilon pikat. Biasanya burung murai batu yang mengetahui ini akan segera memberikan aksi yang berbeda beda, antara lain sebagai berikut :

  • Burung murai batu yang masih lugu atau muda. Biasanya burung tersebut akan langsung menyambar pikat yang kita pasang dan umpan (jangkrik dan ulat hongkong). Karena burung tersebut belum memiliki pengalaman sehingga langsung sambar setiap ada burung lain yang berada di wilayahnya. Namun pada umumnya para pemikat kurang merasa puas akan hasil tangkapan ini. Karena burung yang didapat akan memerlukan waktu yang lama untuk melatih murai batu tangkapan untuk mulai berkicau kembali.  Pada umumnya burung hasil tangkapan ini akan mengalami stres dan traumatik yang dalam. Namun secara ekonomis merupakan hasil yang cukup lumayan. Mengingat sekarang ini sulitnya mendapatkan burung murai batu yang diperoleh dari jeratan di hutan.
  • Burung murai batu yang sudah pernah lepas dari jeratan sebelumnya.  Pada dasarnya murai batu yang sudah pernah lepas dari jeratan sebelumnya. Tidak akan langsung menyambar pikat dan umpan yang kita pasang. Awalnya burung tersebut akan  memantau terlebih dahulu pikat dan umpan yang dipasang. Biasanya burung tersebut akan terbang kesana kemari untuk memantau daerah yang kita pasang pikat dan umpan. Karena burung tersebut telah memiliki traumatik akibat pernahnya lepas dari jeratan. Namun apabila pemikat mendapatkan burung ini merupaka hasil yang sangat memuaskan. Karena hasil tangkapan yang seperti ini akan mudah untuk dilatih berkicau kembali. Karena sulitnya memikat burung ini banyak para pemikat yang memasang lem atau getah pada dahan yang biasa di hinggapi. Namun hasil tangkapan ini membuat bulu hasil tangkapan yang rusak akibat lengket pada lem yang kita pasang pada ranting.

Cara Alternatif Menjerat Burung Murai Batu

Cara alternatif menjerat burung murai batu tanpa mengunakan burung sebagai pemikat dan tanpa umpan. Yaitu dengan mengoles lem atau getah pada ranting pohon yang sering dilalui burung murau batu. Namun untuk hal ini perlu ektra perhatian. Karena burung yang didapat mungkin akan mati apabila tidak segera dilepaskan dari jertan lem yang dipasang. Dan perlunya waktu yang rutin untuk melihat perangkap lem yang dipasang.

Keberhasilan dari cara cara diatas merupakan rejeki dari pemikat itu sendiri. Baca juga Cara Melatih Murai Batu Agar Gacor

Yang walaupun sudah kita upayakan dengan berbagai cara namun kalau belum nasib ya tentunya belum menjadi milik kita.  Pada zaman sekarang ini banyak pemikat yang pulang dengan tangan kosong. Mengingat sudah sangat sedikit populasi burung murai batu yang hidup di alam liar maupun di hutan. Oleh karena jarangnya populasi tersebut membuat harga burung murai batu sangat mahal. Semoga bermanfaat

About the author

admin

2 Comments

Leave a Comment