Cara Melatih Murai Batu Agar Gacor

duniaunggas.com – Cara melatih murai batu agar gacor dan bunyi nyaring bahkan dapat menirukan suara apa yang ia dengarkan. Dalam kicau mania salah satu burung yang di adu kicaunya adalah burung murai batu. Dimana burung ini memiliki ciri khas suara yang indah di dengar. Serta mampu berkicau dalam waktu yang lama. Burung murai batu sangat banyak ditemui di seputaran daerah Indonesia. Namun jenis burung murai batu yang sangat diincar para kicau mania adalah burung murai batu yang berasal dari Sumatera. Khususnya yang dari Medan dan Nias. Burung murai batu asal Nias memiliki ciri khas yang unik yaitu pada bagian ekor memiliki warna bulu hitam sehingga para kicau mania sering menyebutnya sebagai burung Murai batu ekor hitam.

cara melatih murai batu gacor

Murai batu

Bagaimana cara melatih murai batu agar gacor

Ada beberapa hal yang haru kita lakukan agar burung murai batu gacor serta berkicau nyaring dan mampu berkicau lama. Adapun perlakuan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pemberian voer ( kemasan dan serangga ) Pemberian voer yang berkualitas baik untuk menjaga kondisi murai batu tetap fit. Namun jika murai batu anda adalah hasil beli dari teman, untuk mengembalikan kondisi awal sebaiknya berikan makanan yang dari serangga. Misal : Jangkrik, belalang dan ulat jerman. Setelah kondisi tubuh fit barulah kita lanjutkan pada tahap berikutnya
  2. Mengembalikan sifat teritorial ( daerah kekuasaan ) Burung murai batu termasuk burung yang memiliki sifat daerah kekuasaan. Yaitu wilayah untuk mencari makan, pasangan serta kawin untuk berkembang biak. Oleh keran itu jika ada murai batu lain yang memasuki wilayahnya maka murai batu yang memiliki daerah kekuasaan tersebut akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengusir murai batu yang memasuki wilayahnya. Oleh karena itu murai batu termasuk salah satu burung kicau yang mudah untuk di jerat. Untuk mengembalikan sifat daerah kekuasaan tersebut pada pagi hari embunkan murai batu dan pindahkan gantangan hanya berjarak 2 hingga 4 meter dari lokasi awal agar murai batu merasa daerah tersebut adalah daerah kekuasaannya.
  3. Dalam gantangan ini jangan ada gantangan burung kicau lainnya

    , misal : murai batu lain dan kacer. Perlakuan ini dilakukan selama 2 hingga 3 minggu. Bila merasa sudah cukup murai merasa menguasai daerah tersebut, maka di sekitar gantangan dapat digantang burung lain seperti murai batu dan atau kacer. Bila murai sudah gelisah dan menggembungkan dadanya berarti sifat teritorialnya sudah kembali.

  4. Melatih mental (Soul of fighter ) Setelah pemberian voer yang baik dan sifat kekuasaan sudah tercapai, maka kita perlu untuk melatih mental murai batu tersebut. Gantangkan burung lain seperti kacer namun lebih baik dengan menggantangkan murai batu lainnya. Hal ini dilakukan hanya sebentarnya saja dan atau sampai murai anda mengeluarkan  suara lantang. Hal ini hanya dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Setelah itu pindahkan gantangan burung lain pada jarak yang sangat berjauhan dengan murai anda.
  5. Perlakuan tambahan. Setelah melatih mental dengan cara diatas, perlu juga kita lakukan terapi lainnya. Pengembunan yang rutin dan memandikan. Perlu juga untuk memperkenalkannya dengan murai batu lainnya. Agar murai batu tersebut tetap dalam kondisi fit dan mental yang siap adu. Berikan juga multivitamin agar murai selalu sehat dan berkicau sepanjang hari.

Jenis Jenis Puyuh Yang Biasa Dipelihara

Demikianlah beberapa trik sederhana cara melatih murai batu agar gacor dan bersuara nyaring. Untuk memudahkan pemeliharaan berikutnya, murai batu sudah dapat diperkenalkan dengan pakan voer. Durasi gantangan dan  pelatihan mental dapat bertambah lama atau lebih cepat. Tergantung responsif murai yang kita terapi, semoga bermanfaat.

About the author

admin

3 Comments

Leave a Comment