duniaunggas.com – Cara menjerat burung kacer di alam bebas maupun di hutan.  Salah satu burung kicau yang sering di pelihara adalah burung kacer. Burung kacer merupakan salah satu jenis burung kicau yang diminati setelah burung murai batu. Namun sebelum kita menjerat burung kacer ada baiknya kita pahami dahulu sifat sifat dasar serta karakteristik burung kacer. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui dengar jerat apa yang efektif dipasang agar hasil pikatan selalu ada setiap turun gunung.

Beberapa Sifat Burung Kacer

  1. Burung kacer bila akan memakan mangsanya, biasanya dengan cara menerkam.
  2. Burung kacer memiliki sifat Demarkasi atau Teritorial. Demarkasi atau teritorial adalah dimana burung kacer merasa daerah tertentu merupakan daerah kekuasaannya. Daerah kekuasaan ini merupakan daerah yang di klaim untuk mencari makan atau mangsa, kawin, berkembang biak serta membuat sangkar.
  3. Jika ada suara burung kacer lain yang memasuki wilayah tersebut, maka kacer yang mengklaim akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengusir burung kicau yang memasuki wilayahnya.
  4. Burung kacer pada umumnya mudah di adu dengan burung kacer lainnya. Ini berdasarkan adanya sifat demarkasi atau teritorial.
  5. Mempelajari daerah yang sering dilalui dan dihinggapi burung kacer tersebut. Baik daerah bermain, mencari makan serta daerah tempat biasa berkembang biak. Cara Menjerat Burung Murai Batu

Beberapa Cara Menjerat Burung Kacer

  1. Cara menjerat burung kacer dengan hanya menggunakan tali pikat nilon, umpan ( jangkrik atau ulat hongkong ) serta suara MP3 yang memiliki suara mirip kicau burung kacer. Dari cara burung kacer memakan mangsa dengan cara menerkam, biasanya burung muda kacer akan langsung menerkam umpan yang kita pasang. Berbeda dengan burung kacer yang sudah pengalaman dan tau sudah pernah lepas dari jeratan sebelumnya. Biasanya akan memantau dahulu dan berpindah pindah untuk memantau umpan. Biasanya para pemikat kurang menyukai burung kacer yang begitu mudah dijerat, karena akan membutuhkan waktu yang lama untuk melatihnya agar mau berkicau kembali.
    cara menjerat burung murai batu

    contoh pikat nilon tancap

     

  2. Cara menjerat burung kacer dengan sangkar pikat. Biasanya dengan cara ini cukup ampuh. Dikarenakan sifat teritorial tersebut. Dengan melihat adanya burung lain di daerahnya maka dengan sendiri burung yang akan dipikat akan mendekat. Dan akan terjerat dengan alat yang telah dimodifikasi saat burung kacer mendekati sangkar pikat.
    cara menjerat burung kacer dengan kandang pikat

    contoh kandang pikat kacer

     

  3. Cara menjerat burung kacer dengan menggunakan jaring nilon halus. Dengan menggunakan cara ini kita harus mengetahui daerah daerah yang sering dilalui oleh burung kacer. Sifat kebiasaan burung kacer yang melalui daerah tertentu biasanya jarak berpindah tempat. Terkecuali bila burung tersebut pernah mengalami lepas jerat. Maka burung tersebut akan berpindah daerah habitatnya.
    cara menjerat burung murai batu

    jaring pikat burung

     

  4. Cara menjerat burung kacer dengan menggunakan lem atau getah. Cara ini cukup ekstrim, dimana burung hasil tangkapan akan mengalami tingkat stres yang tinggi. Selain itu bulu burung hasil tangkapan dengan lem akan mengalami kerontokan. Dan untuk mengembalikan kondisi normal akan membutuhkan waktu yang lama.
    cara menjerat burung kacer dengan lem

    Burung terjerat lem

Catatan Penting Cara menjerat burung kacer

Dengan beberapa cara menjerat burung kacer diatas, perlu juga kita awasi dari jarak yang jauh. Guna memastikan keamanan burung pikat dan alat pikat yang dipasang. Bila menggunakan alat pikat dari lem perlu waktu yang rutin untuk melihat jerat lem tersebut. Karena burung yang lengket rawan stres dan dapat berakibat pada kematian.

Keberhasilan dari cara cara diatas merupakan rejeki dari pemikat itu sendiri. Baca juga Cara Menjerat Burung Murai Batu

Yang walaupun sudah kita upayakan dengan berbagai cara namun kalau belum nasib ya tentunya belum menjadi milik kita.  Pada zaman sekarang ini banyak pemikat yang pulang dengan tangan kosong. Mengingat sudah sangat sedikit populasi burung kacer yang hidup di alam liar maupun di hutan. Oleh karena jarangnya populasi tersebut membuat harga burung kacer sedikit mahal. Semoga bermanfaat

About the author

admin

Leave a Comment