duniaunggas.com – Cara membedakan jantan betina ayam kampung baru menetas. Dalam perkembangan zaman saat ini, ayam kampung sudah mulai digemari para peternak tradisional. Dan bahkan kuliner ayam kampung juga sudah mulai tumbuh berkembang di setiap daerah. Dalam budidaya ayam kampung juga tidaklah serumit beternak ayam potong atau ayam broiler.

Ayam kampung merupakan ayam yang dipelihara secara tradisional. Dimana pemeliharaannya dilepas di areal lingkungan sekitar kita. Dan pemberian makan pada pagi hari dan sore hari menjelang masuk kandang. Namun pemeliharaan seperti ini adalah dalam jumlah kecil. Yang mana hanya menjadi pendapatan tambahan rumah tangga.

Bulu Sayap Betina Lebih Cepat Berkembang

Namun saat ini sudah banyak yang memelihara ayam kampung secara intensif. Dan menjadikannya sebagai pendapatan utama. Dalam pemeliharaan intensif dimaksud disini adalah pemeliharaan ayam kampung yang tidak dilepas. Melainkan Dikurung dalam kandang besar dan tidak dibiarkan bebas berkeliaran di areal lingkungan kita.

Dalam pemeliharaan ataupun peternakan ayam kampung, banyak yang ingin hanya memelihara yang jantan saja. Namun bagaimana cara membedakan jantan betina ayam kampung baru menetas ?  Pada dasarnya memang sangat sulit membedakkan ayam jantan dan betina pada saat baru mentas. Disini kita akan mengulas bagaimana cara membedakan anak ayam yang baru menetas yang berumur antara 3 hari hingga umur 5 hari. Vitamin Untuk Unggas Saat Cuaca Panas ( Ayam Puyuh Bebek )

Mengapa kita mengambil sampel pada umur antara 3 sampai dengan 5 hari ? Karena pada saat umur ini anak ayam jantan dan betina dapat menunjukkan perbedaaan pertumbuhan bulu sayap. Dan kali ini perbedaaan antara ayam jantan dan betina adalah dari pertumbuhan bulu sayap.

Dimana jantan memiliki pertumbuhan bulu sayap yang lambat bila dibandingkan dengan pertumbuhan bulu sayap betina. Pada ayam jantan yang berumur 3 sampai dengan 5 hari, masih menunjukkan bentuk bulu seperti jarum kasar. Bagian ujung bulu sayap jantan masih terlihat kuncup. Sementara pertumbuhan bulu sayap betina, pada bagian ujung sudah menunjukkan perkembangan. Dimana ujung bulu sayap betina sudah mulai terbuka sedikit melebar.

cara membedakan jantan betina ayam yang baru menetas

Tingkat akuransi seleksi kelamin berdasarkan pertumbuhan bulu sayap ini mencapai 80%.  Yang mana dalam seleksi ini masih mempunyai kegagalan sebanyak 20%. Dimana dalam 10 ekor yang kita seleksi masih ada 2 ekor yang seleksi error. Namun dengan cara ini sudah mampu memaksimalkan anak ayam yang akan kita pelihara berdasarkan jenis kelaminnya. Manfaat Daun Kelor Untuk Unggas ( Puyuh dan Ayam )

Perlu digaris bawahi bahwa dalam seleksi kelamin hanya berlaku pada anak ayam berusia 3 hingga 5 hari. Pada usia berikutnya atau lebih dari 5 hari maka cara ini sudah tidak berlaku lagi. Dikarenakan pertumbuhan bulu sayap pada anak ayam sudah mempunyai ciri ciri yang hampir sama. Sehingga sangat sulit membedakan jenis kelamin antara betina dan jantan pada usia diatas atau sama dengan 6 hari.   Demikianlah estimasi membedakan jenis kelamin anak ayam yang baru menetas. Semoga bermanfaat

About the author

admin

Leave a Comment