duniaunggas.com – Dalam kehidupan sehari hari kita sering mendengar atau bahkan menyebut daun kelor. Namun masih banyak diantara kita yang kurang mengetahui manfaat daun kelor untuk kesehatan terutama pada peternakan kita seperti puyuh. Pengobatan tradisional Tiongkok sudah lama menggunakan daun kelor untuk pengobatan tradisioanal mereka dan meraka mengakui akan khasiatnya. Di dua benua seperti Eropa dan Amerika sedang trend menggunakn daun kelor sebagai pengobatan herbal karena khasiat yang dimiliki daun tersebut. Dan bahkan mereka menyebutkan sebagai A Miracle Tree ( pohon ajaib )

Kandungan Vitamin dan mineral pada kelor sangat tinggi bila dibandingkan dengan buah buahan dan sayuran yang sering kita konsumsi sehari hari, berikut akan kami sampaikan perbandingan kandungan vitamin dan mineral pada sayur dan buah buahan.

  1. Vitamin C dalam daun kelor setra dengan 3 buah jeruk dan juga protein
  2. Kalsium dalam daun kelor 7 kali lebih besar dibandingkan dengan susu. Di Eropa seperti negara Jerman  dijual ekstraknya dan harganya sangat mahal.

Dengan memberikan air rebusan kelor pada puyuh dan ayam maka kebetuhan akan vitamin dan kalsium pada ternak mampu meningkatkan produksi telur dan pengemukan badan karena kandungannya sangat mudah diserap oleh tubuh unggas ( Puyuh dan Ayam )

Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor

Daun kelor sangat mudah tumbuh dan perawatannya juga sehingga sangat cocok ditanam di areal halaman rumah , perladangan dan bahkan bisa ditanam  di sekitar kantor. Selainn menambah pemandangan yang indah dan juga sebagai salah satu icon GoGreen.

 

Pohon daun kelor telah dinobatakan oleh WHO sebagai pohon ajaib. Dengan perkembangan penelitian ilmiah yang sudah digunakan sejak dahulu. Seorang ahli obat tradisioanal Gunter Harnisch menyebutkan keunggulan tumbuhan ini berdasarkan beberapa penelitian Biologi-LIPI, Eko B, Walujo dalam seminar ilmiah menyebutkan beberapa keunggulannya kelor sebagai berikut :

  1.  Kandungan protein 2 kali lebih banyak dari Kedelai
  2.  Vitamin C, 6 kali lebih banyak dari jeruk
  3. Vitamin A, 4 kali lebih banyak dari wortel
  4. Kalsium ( Ca ) 4 kali lebih banyak dari susu
  5. Kalsium ( Ca ) 7 kali lebih banyak dari pisang
  6. Vitamin B1 dan B2  7 kali lebih banyak dari ragi
  7. Polifenol  6 kali lebih banyak dari anggur merah
  8. Asam Folat 4 kali lebih banyak dari hati sapi
  9. Vitamin E 4 kali lebih banyak dari Gandum
  10. Serat 2 kali lebih banyak dari gandum
  11. Asam amino Essensial 1,5 kali lebih banyak dari telur
  12. Zat Besi  25 kali lebih banyak dari Bayam

Manfaat daun kelor untuk unggas ( puyuh dan ayam )

  1. Menurunkan tingkat stress pada puyuh dan ayam
  2. Mengurang kadar lemak pada tubuh unggas ( menghindari dobolan )
  3. Meningkatkan kinerja jantung
  4. Sebagai Antioksidan  dan mengeluarkan racun dalam tubuh
  5. Mencegah kerusakan Hati dan Ginjal unggas
  6. Meningkatkan produksi telur
  7. Menyembuhkan penyakit SPLENOMEGALI  yaitu terjadinya pembengkakan pada limpa
  8. Mempercepat produksi sel darah merah
  9. Memperkuat sel sel telur pada unggas sehingga produksi tetap optimal
  10. Membantu mengurang stress akibat lelah kandang

Demikianlah beberapa manfaat kelor untuk unggas ( Puyuh dan Ayam ) Pemberian rebusan airnya dapat diberikan pada unggas segala usia. Jumlah bahan yang digunakan sebanyak 75 gr – 100 gr daun kelor untuk setiap 1.000 ekor puyuh layer dan dan 250 – 400 ekor ayam layer. Pemberian daun kelor 3 -5 hari setiap minggunya dan dapat diulang kembali pada minggu berikutnya. Baca juga Manfaat Kunyit Untuk Puyuh Dan Ayam

Semoga bermanfaat

Sumber : duniaunggas.com dan Berbagai sumber

About the author

admin

Add Comment

  • […] Ada banyak sekali jenis-jenis penyakit yang sering ditemukan pada ternak ayam kampung atau joper. Penyakit pada ayam disebabkan oleh beberapa jenis mikroorganisme, seperti virus, bakteri, jamur dan parasit. Gejala dan akibat yang ditimbulkan oleh serangan mikroorganisme tersebut berbeda-beda, baik penyakit ringan, penyakit menular maupun penyakit yang mematikan. Beberapa penyakit menular yang telah ditemukan pada unggas adalah Newcastle Disease (Tetelo), Flu Burung, Marek, Gumboro, Pox, Infectious Coryza (Snot), Pullorum, Colibacillosis, Cholera unggas, Anthrax, Aspergillosis, Candidiosis, Coccidiosis, Histomoniasis, Cryptosporidiosis, Trichomoniasis, infestasi ektoparasit dan cacing. Berdasarkan penyebabnya, penyakit pada unggas dibedakan menjadi 4 kelompok, yaitu sebagai berikut ; Baca juga Manfaat Daun Kelor Untuk Unggas ( Puyuh dan Ayam ) […]

  • […] Tingkat akuransi seleksi kelamin berdasarkan pertumbuhan bulu sayap ini mencapai 80%.  Yang mana dalam seleksi ini masih mempunyai kegagalan sebanyak 20%. Dimana dalam 10 ekor yang kita seleksi masih ada 2 ekor yang seleksi error. Namun dengan cara ini sudah mampu memaksimalkan anak ayam yang akan kita pelihara berdasarkan jenis kelaminnya. Manfaat Daun Kelor Untuk Unggas ( Puyuh dan Ayam ) […]

Leave a Comment