duniaunggas.com – Jenis Jenis penyakit ayam kampung dan joper Dan Cara Pengobatannya. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mengobati dan juga bagaimana pencegahan jenis penyakit ayam kampung yang mudah bagi pemula. Kali ini kita akan membahas jenis jenis penyakit ayam yang sering menyerang ternak. Karena dalam usaha apapun tak terlepas dari kendala dan halang rintang. Diantaranya adalah serangan penyakit oleh baketri dan juga virus. Dengan mengetahui jenis penyakit yang sering menyerang ternak ayam maka kita dapat dengan mudah untuk mencegah dan mengatasinya.

Pemeliharaan Yang Baik Ayam Sehat

Ayam Kampung Sehat

1.Tatelo (ND / New Casstle Diseae)

Gejala ayam terserang penyakit tatelo adalah ayam susah bernafas, batuk-batuk , bersin, ayam mengeluarkan bunyi seperti ngorok, lesu, mata ngantuk, kadang berdarah, tinja encer berwarna kehijauan, dan ciri yang mudah di ketahui dari gejala ini adalah kepala memutar – mutar tak menetu dan lumpuh.

Pengendaliannya adalah dengan memisahkan ayam yang sehat dan yang sakit. Untuk ayam yang Nampak sehat segera berikan vaksin ND LA SOTA, untuk ayam yang mati segera dikubur jauh dari areak kandang dan atau dibakar guna menghindari penyebaran yang lebih luas.

 

2.Berak Kapur/Putih (Pullorum)

Penyakit Berak Kapur / Putih (Pullorum) disebabkan oleh kuman Salmonella Pullorum dan merupakan penyakit yang menular.

Gejala adalah kotoran ayam berwarna putih dan encer, nafsu makan berkurang, sesak nafas, bulu-bulu mengerut dan sayap menggantung.

Cara pengendalian sama seperti pengendalian penyakit totelo, kebersihan harus dijaga, buang dan kubur ayam yang terserang penyakit jauh dari kandang, pisahkan ayam yang sehat dan ayam yang sakit dan hindari tamu yang masuk ke kandang. Pengobatan dapat memberikan obat ( teraphy,trimezyn s, neo meditril dll, dapat diperoleh di Poultry shop langganan anda.

 

3.Berak Berdarah (Coccidiosis)

Gejalanya adalah tinja berdarah dan mencret ( warna tinja seperti warna coklat muda)nafsu makan berkurang, bulu kusam, dan menggigil kedinginan yang walaupun pada saat siang panas matahari.

Cara pengendaliannya dengan menjaga kebersihan kandang. Jika sudah terserang berikan Tetra Chlorine, Noxal, atau trisula zuco tablet yang di larutkan ke air minum. Atau dapat juga memberikan COXY yang dicampur dalam minuman

4.Cacar Unggas (Fowl Pox)

Penyakit ini disebabkan oleh Poxvirus yang menyerang bangsa unggas semua umur dan semua jenis ayam.

Gejalanya adalah timbul kopeng-kopeng pada bagian yang tidak berbulu, seperti kaki, mulut dan farnik yang apabila dilepaskan akan mengeluarkan darah.

Cara pengendalian adalah dengan pemberian vaksin dipteria dan memisakan ayam yang terinfeksi.

5.Quail Bronchitis

Penyebabnya utamanya adalah Virus Quail Bronchitis. Penyakit ini bersifat sangat menular.

Gejala ayam terserang penyakit ini seperti, ayam terlihat lesu, bulu nampak kusam, tubuh gemetar, batuk dan bersin, mata dan hidung kadang mengeluarkan lendir, dan kadangkala kepala dan leher agak terpuntir.

Cara pengendaliannya dengan pemberian pakan yang bergizi serta sanitasi yang baik.

 

6.Aspergillosis

Penyakit Aspergillosis disebabkan oleh Cendawan Aspergillus fumigatus.

Gejala serangannya adalah ayam mengalami gangguan pernafasan, pada mata terbentuk lapisan menyerupai keju, mengantuk dan nafsu makan berkurang.

Pengendaliannya dengan melakukan perbaikan sanitasi dan lingkungan sekitarnya.

 

7.Cacingan

Penyebab utamanya adalah cacing akibat sanitasi yang buruk.

Gejalanya seperti puyuh tampak kurus, lesu dan lemah.

Cara pengendalian dengan melakukan pembersihan kandang yang baik serta pemberian pakan yang baik.

8.Snot / Coryza

Penyakit Snot/Coryza merupakan jenis penyakit yang mudah sekali menular dan sangat sulit untuk diobati apabila sudah menyerang ayam. Penyakit ini menyerang mata, apabila ayam terserang penyakit ini matanya akan merah, membengkak dan berlendir. Baca jugaJamu Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam )

Untuk mencegahnya penyakit ini peternak dapat memberikan vaksin CDR/CORYZA aktif atau in aktif. Apabila ada ayam yang terserang sebaiknya segera dibuang atau dibakar jauh-jauh dari lokasi peternakan untuk mencegah penularan penyakit. Meskipun sebenarnya ada pengobatannya melalui penyuntikan khusus namun harganya cukup mahal.

Demikian artikel ini dan Jenis Jenis Penyakit Pada ayam Dan Cara Pengobatannya semoga bermanfaat

About the author

admin

Add Comment

  • […] Vaksin ayam bisa Anda beli di toko peternakan langganan terdekat anda. Pada saat membeli, Anda wajib membawa termos es atau kotak gabus yang berisi es batu sebagai tempat penyimpanan vaksin tersebut agar suhunya tetap terjaga dengan baik. Vaksin tidak boleh terkena sinar matahari langsung maupun tercampur bahan kimia. Setelah sampai di rumah, disarankan untuk menyimpannya di kulkas terlebih dahulu supaya suhunya tetap stabil di kisaran 2-5 derajat celsius. Jangan pernah menempatkan vaksin tersebut di freezer. Sebelum melakukan vaksinasi, berikan perlakuan pada ayam dengan memberi vitamin anti stres 2 hari sebelum dan 2 hari setelah vaksinasi. Hal ini bertujuan agar tubuh ayam tetap merasa nyaman pada saat perlakuan vaksinasi. Sehingga vaksin dapat bekerja semaksimal mungkin untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam. Jenis Penyakit Ayam, Penyebab Dan Pengobatannya […]

Leave a Comment