duniaunggas.com – Kandungan Gizi dan Manfaat Jahe bagi unggas. Jahe yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia ini dapat dikonsumsi secara segar maupun ditambahkan berbagai hidangan makanan sebagai penambah cita rasa makanan serta diolah menjadi jamu. Namun lepas dari itu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan unggas

Jahe mengandung berbagai nutrisi atau gizi serta mineral dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan unggas. Berikut ini adalah nutrisi-nutrisi atau gizi dan mineral yang terkandung didalamnya.

Manfaat Jahe Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam )

Gambar : Jahe

Table kandungan nutrisi pada jahe

No Jenis nutrisi Jumlah
1 kalori 80 kcal
2 karbohidrat 17,77 gr
3 Air 78,89 gr
4 protein 1,82 gr
5 glukosa 1,7 gr
6 Serat  kasar 1,7 gr
7 Lemak kasar 0,75 gr
8 Vitamin A,C, D, E, 0 ug, 5 mg
9 Vitamin B2 ( riboflavin) 3%
10 Vit. B1 ( Thiamine) 2%
11 Vit. B3 (Niacin) 5%
12 Vit B5 (panthothenic) 4%
13 Vit. B9 (folat) 3%
14 Kalsium ( Ca ) 2%
15 Zat besi 5%
16 posphor 5%
17 Kalium 9%
18 Sodium 1%
19 Seng ( Zinc) 4%

Manfaat Jahe bagi Kesehatan UNGGAS

 

  1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Jahe memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam membantu kelancaran sistem pencernaan terutama dalam hal membersihkan usus besar  dan membuang gas beracun dalam tubuh unggas. Karena memilliki khasiat-khasiat ini, maka sering dijadikan obat alami dalam mengobati penyakit asam lambung (GERD) dan Sembelit.

 

  1. Mengurangi Pembengkakan dan Peradangan

Gingerol yang dikandung oleh Jahe merupakan senyawa anti peradangan atau anti-inflamasi yang sangat ampuh. Kandungan tersebut dapat mengurangi gejala pembengkakan dan peradangan serta meredakan rasa nyeri di sendi dan otot.

  1. Menetralisir Suhu Tubuh   

    meningkatkan nafsu makan dan memberikan rasa hangat pada tubuh unggas, terutama pada saat di musim penghujan. Rebusan airnya ini sangat baik diberikan pada unggas Starter dan Grower ( Puyuh dan Ayam ). Jumlah bahan yang akan diberikan sebanyak  1% sampai dengan  3% dari bobot unggas, pemberian dapat dilakukan setiap hari, namun sangat baik jika diberikan pada malam hari yang berfungsi untuk memberikan suhu hangat pada tubuh unggas. Baca juga Maanfaat Daun Sirih Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam )

 

Sumber referensi : Data Kandungan Gizi Jahe ini dikutip dari situs USDA (United States Department of Agriculture) sedangkan Manfaatnya bagi Kesehatan dirangkum dari berbagai sumber.

About the author

admin

Add Comment

  • […] Alas Brooder Alas sekam kayu (Litter) adalah lantai yang diberi serbuk gergajian kayu, sekam atau damen yang dicincang. Tinggi-litter permukaan cukup 10 cm yang nantinya dapat sampai 15 cm. Makin dalam litter ini, tempat tersebut makin kering. Litter ini jangan diubah sampai dengan anak ayam dipindahkan ketempat lain. Tetapi selalu diperhatikan tetap kering dan bebas dari jamur. Manfaat Jahe Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam ) […]

  • […] Pengamatan kesehatan puyuh harus dilakukan setiap saat, yaitu saat pemberian ransum dan air minum, membersihkan feses, memberikan vaksin, atau kegiatan rutin lainnya. Tujuannya agar gangguan terhadap kesehatan puyuh terpantau, seperti kurang nafsu makan atau gejala terserang penyakit. Pegawai kandang juga harus peka saat kontrol kandang apabila menemukan puyuh yang terjepit harus dibantu untuk dilepas. Manfaat Jahe Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam ) […]

Leave a Comment