Standar Kebutuhan Nutrisi Puyuh Petelur

duniaunggas.com – Sering sekali para peternak selalu bertanya tentang standar kebutuhan nutrisi puyuh petelur. Semakin baik kadar asupan nutrisi puyuh semakin baik pula hasil produksi yang diberikan puyuh dan sebaliknya dengan buruknya asupan nutrisi pada pakan puyuh maka aka memberikan hasil yang kurang memuaskan. Masalah pakan puyuh khusus petelur memang harus memenuhi kualitas dan kuantitas pakan itu sendiri sehingga pengaruhnya sangat nyata terhadap produksi telur. Yang artinya bila kita mengurangi jumlah kualitas dan kuantitas maka puyuh juga akan membrikan hal yang sama pada peternak. Nutrisi pakan harus mencukupi kebutuhan hidup puyuh petelur, produksi  hasil telur adalah produk akhir dari aktifitas metabolisme hidup puyuh. Artinya,  setelah terpenuhi kebutuhan hidup pokok, baru kemudian nutrisi yang ada baru dimetabolismekan atau diubah menjadi produksi telur. Standar kebutuhan nutrisi puyuh petelur

Oleh karena itu standar kebutuhan nutrisi puyuh petelur  sebagai berikut :

  • Energy Metabolisme (EM) 2.600 – 2.700 kcal/kg
  • Protein kasar (CP) 19% – 21 %
  • Lemak kasar (Fat) 5%
  • Serat Kasar (Maksimal) 7%
  • Kalsium (Ca) 3 – 3,5%
  • Posphor (P) 0,6 – 1%
  • Kadar Air Pada Pakan ( Maksimal) 13%

Sekarang tinggal jenis bahan baku apa saja yang kita pakai untuk  digunakan. Hal inilah yang sangat menentukan terhadap jumlah produksi telur yang dihasilkan. Setiap perusahaan menggunakan bahan baku yang berbeda-beda, oleh karena itu peternak yang sering gonta ganti pakan akan mengalami produksi telurnya turun atau bahkan naik. Hal ini dikarenakan puyuh perlu adaptasi metabolisme pada tubuhnya terhadap pakan yang diberikan oleh pemilik ternaknya. Hal ini disebabkan setiap bahan baku pakan mempunyai nilai kecernaan (digestiblity/ TDN), antinutrisi, defisiensi zat tertentu, serta zat lain lainnya.

Secara garis besar, jumlah produksi dan atau besar kecil telur puyuh sangat ditentukan oleh jumlah asupan zat nutrisi yang diberikan pada puyuh (Protein,Lemak, Energi Metabolis, Air, Kalsium dan Posphor serta Asam Amino lainnya).

Standar kebutuhan nutrisi puyuh

Jenis Puyuh Berdasarkan Ukuran Telur

Selain faktor pakan yang berkualitas baik yang mempengaruhi besar kecil telur ada beberapa faktor yang mendukung untuk ukuran telur. Sebagai contoh kita ambil puyuh lokal ( courtunix japonica ). Dimana jenis puyuh ini memiliki postur tubuh yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan puyuh lainnya. Dengan faktor gen kecil maka otomatis puyuh ini menghasilkan telur yang lebih kecil pula. Namun ada beberapa keunggulan puyuh ini yaitu jumlah kebutuhan pakan hariannya adalah lebih kecil juga. Bagi anda peternak puyuh dengan metode penjualan telur hitung butir sangat prospek dengan puyuh lokal ( courtunix japonica)

Namun di daerah yang menjual hasil telur puyuhnya dengan metode kiloan maka sangat cocok menggunakan puyuh jenis blaster, yaitu persilangan puyuh lokal dengan puyuh malone (ukuran puyuh yang lebih besar). Dengan persilangan diatas maka akan diperoleh bibit yang blaster. Dengan menggunakan bibit blaster maka telur yang akan dihasilkan akan lebih besar dibandingkan dengan puyuh lokal (courtunix japonica).

Multivitamin dan Jamu Pendukung

Selain pemberian pakan yang cukup perlu juga kita lakukan pemberian multivitamin guna mendukung hasil produksi telur yang lebih maksimal. Untuk multivitamin dapat memberikan vitamin yang banyak dijual pada toko langgnaan anda, atau dapat juga menggunakan ramuan herbal yang dapat anda buat sendiri dengan bahan bahan yang mudah anda dapatkan Jamu Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam )

Dengan pemberian pakan yang berkualitas baik serta didukung dengan pemberian multivitamin yang cukup tentunya produksi yang anda inginkan akan semakin mungkin diraih. Ada yang mengatakan apa yang anda beri pada puyuh maka puyuh akan membalasnya sesuai dengan apa yang beri.

Demikianlah bahasan kita kali ini mengenai jumlah kadar nutrisi kebutuhan puyuh petelur yang sudah produksi. jika tidak ada aral yang melintang dalam waktu dekat ini akan kita bahas cara pembuatan pakan sendiri guna mengurangi biaya produksi dengan tanpa mengurangi hasil. Salam sukses dari duniaunggas.com. Jika anda ingin bertanya seputaran tentang Puyuh, Ayam atau unggas lainnya silahkan kirimkan pertanyaan anda ke email kami, dengan senang hati kami akan menjawab dan seupya mungkin akan kami bantu. Semoga bermanfaat

 

 

About the author

admin

3 Comments

  • […] Membuat pakan sendiri, tentunya tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Namun jangan berkecil hati dulu, hal hal yang perlu kita ketahui adalah kebutuhan minimal nutrisi puyuh petelur. Setelah itu kita dapat memulai menyusun bahan bahan pembuatan pakan. Untuk melengkapi bahan pakan yang variatif disini kita dapat menggunakan pakan konsentrat ayam layer. Setelah itu dapat kita tambahkan pakan jadi, jagung halus, dedak padi, premiks dan mineral. Baca juga Standar Kebutuhan Nutrisi Puyuh Petelur […]

  • […] Membuat pakan sendiri, tentunya tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Namun jangan berkecil hati dulu, hal hal yang perlu kita ketahui adalah kebutuhan minimal nutrisi ayam petelur dan ayam kampung yang kita pelihara. Setelah itu kita dapat memulai menyusun bahan bahan pembuatan pakan. Untuk melengkapi bahan pakan yang variatif disini kita dapat menggunakan pakan konsentrat ayam layer maupun konsentrat broiler. Setelah itu dapat kita tambahkan pakan jadi, jagung halus, dedak padi, premiks dan mineral. Baca juga Standar Kebutuhan Nutrisi Puyuh Petelur […]

Leave a Comment