Puyuh Dobolan Dan Cara Penanganannya

duniaunggas.com – Dalam dunia peternakan unggas khususnya puyuh petelur ada banyak kasus dilapangan yang  menyerang atau bahkan terjadi dikandang kita. Dari beberapa kasus dilapangan yang sering terjadi pada puyuh yang sudah bertelur dan bahkan pada puyuh yang sedang puncak produksi. Salah satu kasus dilapangan adalah penyakit atau kendala pada puyuh Dobolan atau prolapsus. puyuh dobolan dan cara penanganannya

Kematian akibat puyuh dobolan

Puyuh Dobolan

Kasus dobolan atau prolapsus pada puyuh sering sekali mewarnai kendala pada puyuh petelur yang kita pelihara. Kasus dobolan atau Prolapsus ini dapat menyebabkan kematian pada puyuh yang diakibatkan keluarnya saluran pencernaan dari kloaka puyuh. Ada beberapa tanggapan dari para peternak yang mengatakan terjadinya dobolan pada puyuh yang diakibatkan oleh pemberian pakan yang berlebihan khususnya pakan yang kandungannya seperti Protein kasar serat Energi Metabolisme. Diastu sisi pernyataan ini ada benarnya karena penberian pakan yang berlebih terkhusus kandungan Protein kasar dan Energi metabolisme. Namun jangan kawatir didalam topik ini akan kita bahas bagaimana cara mengatasinya.

Umunya puyuh petelur yang sudah bertelur membutuhkan protein kasar sebanyak 19% hingga 20%. kelebihan dari standar tersebut memang dapat menimbulkan obesitas atau kegemukan pada puyuh. Kebutuhan energi metabolisme pada puyuh petelur yang sudah betelur adalah berada disekitaran 2600 kcal/kg hingga 2700 kcal/kg. Untuk mengetahui kadar tersebut sebenarnya tidaklah sulit, apalagi kita sudah menggunkan pakan pabrikan yang sudah diformulasi khusus untuk petelur.

 

Berikut ada beberapa penyebab mengapa puyuh dobolan yang sering terjadi dalam peternakan puyuh yang kita pelihara :

  1. Puyuh bertelur belum pada waktunya ( produksi dini ). Puyuh yang betelur terlalu dini dapat mengalami dobolan, dimana akibat pemberian pakan selama pembesaran yang menggunakan atau memberi pakan yang kandungan protein kasar yang terlalu tinggi ( pemeberian pakan memakai 511 super dari pohkphan) Pemberian pakan 511 polos atau super memang sangat baik namun perlu diingat jangan melewati usia puyuh grower 35 hari. Pemberian pakan tersebut cukup selama pemeliharaan mulai umue 1 hari hingga 30 hari ( 1 bulan )
  2. Jaringan organ pengikat produksi belum sempurna ( belum matang kelamin )
  3. kandungan pakan yang tidak seimbang dimana dalam pakan kadar Protein yang terlalu tinggi sehingga mengakibatkan lemak panggul yang tebal sehingga mempersulit proses pengeluaran telur dari dalam tubuh puyuh
  4. Dibeberapa kasus terdapat pencahayaan yang berlebihan yang menggunakan cahaya lampu berwarna putih, sehingga mendorong puyuh selalu makan yang pada akhirnya puyuh menjadi Obesitas
  5. Gunakanlah lampu yang berwarna kuning atau jingga sebagai pencahayaan pada malam hari.

Menyeimbngkan kandungan nutrisi pada pakan puyuh layer ( protein 19 -20 % )

Lakukan pencahayaan dengan dengan menggunakan bola lampu yang berwarna kuning atau jingga.

Ada juga yang mengatakan terjadinya dobolan dikarenakan pemberian pakan nonstop semala 24 jam. Sehingga untuk mengakalinya pemberian pakan dilakukan sebanyak 2 kali pemberian selama dalam saru hari. Yaitu 40% pada pagi hari dan 60% pada sore hari. Hal ini dapat dilakukan dilapangan namun  dibeberapa kasus dikandang malah menyebabkan turunya produksi telur, sehingga kurang efesien dalam pencapaian target produksi. Namun sebaiknya pemberian pakan dilakukan selama 24 jam nonstop yang artinya pakan selalu tersedia dalan tempat pakan puyuh.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah puyuh dobolan ataupun prolapsus.

Berikan rebusan buah atau daun mengkudu untuk menyempurnakan masak kelamin. Dengan bebrapa kandungan senyawa kimia dalam buah mengkudu masak mampu membantu puyuh untuk menyempurnakan kematang kelamin, sehingga puyuh terhindar dari dobolan, atau baca juga :Jamu Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam )

Dapat juga memberikan daunpetai china atau lamtoro. Cara pemberiannya adalah ikat ranting petai china yang terdapat daunnya dan kemudian digantung dalam kandang battrei puyuh. Atau daun petai china atau lamtoro dapat dipotong potong halus ( Cincang ) dan kemudian dicampur dengan pakan puyuh yang akan kita berikan.  Fungsi utama daun lamtoro adalah untuk menghindari kasus dobolan pada puyuh dan yang tidak kalah penting adalah mampu menghindari puyuh menjadi kanibal.

Demikian beberapa penanganan kepada puyuh petelur dengan kasus Dobolan atau Prolapsus

Semoga bermanfaat

Sumber : duniaunggas.com  dan berbagai sumber

About the author

admin

Leave a Comment