duniaunngas.com – Jarak kandang ayam dengan kandang puyuh petelurSesuai dengan komitmen kami yang akan membahas tuntas tentang ternak unggas. Mulai dari pemeliharaan, pengobatan serta rintangan rintangan yang timbul di lapangan mengenai selama proses pemeliharaan. Baru baru ini kami membahas tentang kandang ayam broiler dengan kandang puyuh petelur. Dan pertanyaan pertanyaan yang sering dipertanyakan adalah ” apakah boleh kandang ayam broiler berdekatan dengan kandang puyuh petelur “??? Jarak kandang ayam dengan puyuh. Jika kita melihat artikel lainnya mengenai jarak kandang broiler dengan jarak kandang ayam petelur hendaknya memiliki jarak minimal 1 km. Dimana  tujuan ini adalah meminimalisir penyebaran bibit penyakit dari kandang broiler ke kandang ayam petelur dan juga sebaliknya dari kandang layer ke kandang ayam broiler. Saran diatas  memang sangatlah baik, Jarak kandang ayam dengan puyuh, mengingat untuk kesehatan ternak yang kita pelihara mengingat tingkat stress antara broiler dengan sangat tinggi.

Dan yang menjadi topik bahasan kita kali ini adalah bolehkah kandang ayam broiler berdekatan dengan kandang puyuh petelur ? Berikut akan kami kami beri sedikit pemahaman dan tata cara pemeliharaan puyuh petelur yang kandangnya berdekatan dengan kandang ayam broiler.

Jarak Kandang Ayam Broiler Dengan Kandang Puyuh Petelur

Gambar : Kandang Ayam Broiler (kiri ) Dengan Kandang Puyuh Petelur ( Kanan )

Bebas Penyakit Puyuh Sehat

Gambar : Kandang Higienis

 

Jarak antara kedua kandang adalah 8,5 meter. (jarak minimal antar kandang adalah sepanjang lebar kandang terluas )

 

 

 

 

 

 

Jarak kandang ayam dengan kandang puyuh Petelur

Gambar diatas menunjukkan kandang ayam broiler dengan kandang puyuh petelur yang berdekatan. Kandang ayam disini menggunakan kandang ayam litter ( Lantai kandang tanah dengan dilapisi sekam gergajian kayu) dan kandang puyuh disini menggunkan postal semi tertutup ( Semi close house ) dan alas lantai semen plaster.

Pemeliharaan ayam broiler dengan puyuh petelur disini sudah berlangsung mulai tahun 2013 hingga sekarang. Dimana selama pemeliharaan belum pernah terjadinya permasalahan yang sangat serius. Namun pemeliharaan disini harus lebih intensif diamana alas kaki dari kandang ayam broiler tidaklah boleh digunakan kembali pada kandang puyuh petelur.

Penanganan Jarak kandang ayam dengan kandang puyuh. Berikut akan kami beri solusi pemeliharaan puyuh petelur dengan kandang yang berdekatan dengan kandang ayam broiler :

  1. Cleaning Program

Cleaning program dimaksud disini adalah mencatat setiap harinya riwayat pemeliharaan ayam broiler dan puyuh petelur yang kemudian dibuat menjadi grafik pemeliharaan serta grafik kesehatan pemeliharaan ayam broiler dan puyuh petelur. Yang kemudian grafik ini dibuatkan menjadi grafik Bulanan terhadap perlakuan pemeliharaan puyuh dan ayam broiler.  Adapun tujuan dari perlakuan ini adalah untuk mengetahui riwayat kesehatan antara ayam dan puyuh petelur selama satu bulan terakhir. Dengan adanya grafik ini maka dibulan depan kita sudah bisa melakukan tindakan pencegahan penyakit yang sama pada bulan sebelumnya.

Contoh : Pada minggu pertama Januari 2018 telah terjadi indikasi CRD pada ayam broiler, dan pada puyuh petelur tidak ada menunjukkan gejala yang sama. Pengobatan dengan pemberian Antibiotik spektrum luas pada ayam sangat baik. Untuk menjaga kesehatan puyuh sebelum terjadinya outbreak maka ada baiknya puyuh juga kita berikan antibiotik spektrum luas guna menghindari terjadinya indikasi pada puyuh. Pemberian antibiotik pada ayam dan puyuh adalah pada pagi hari dan juga sore hari. Sementara pada malam hari pemberian dapat memberikan Multivitamin untuk kedua unggas yang kita pelihara.

Setelah ayam dipenen makan lakukan pembersihan kandang dan juga semprot kandang menggunakan desinfektan, guna membasbi bibit penyakit yang ada dalam kandang broiler. Lakukan vaksinasi pada ayam broiler yang akan masuk kembali. Puyuh wajib divaksin dan wajib diulang minimal sekali 3 bulan. Tujuan vaksinasi adalah untuk mempertahankan kekebalan puyuh yang kita pelihara. ( Vaksin yang digunakan yang biasa kita beli dari toko pakan langganan).  Untuk Pemakain antibiotik perlu diingat bahwa lakukan rotasi jenis atau nama antibiotik setiap pemakaian selama 3 periode pemberian obat. Atau anda juga bisa mengunakan jamu untuk unggas, Jamu Herbal Untuk Unggas (Puyuh Dan Ayam)

2.  Peralatan Kandang

Gunakanlah peralatan kandang pada setiap kandang tersebut, jangan menggunakan peralatan kandang ayam broiler ke puyuh petelur. Jika pun ingin menggunakan peralatannya cucilah dengan bersih dengan menggunakan deinfektan dan tau sabun, tujuannya adalah untuk membunuh kuman yang menempel pada peralatan yang akan digunakan.

Galon Minumam Untuk Puyuh

Gambar : Galon untuk Puyuh Petelur

3. Penyebaran penyakit

Lakukan penyemprotan kandang ayam broiler dan kandang puyuh petelur minimal 1 kali dalam 5 hari. Tujuan ini adalah untuk meminimalisir pesebaran bibit penyakit oleh hembusan angin dari kandang ayam broiler ke kandang puyuh petelur. Tentunya Jarak kandang ayam dengan kandang puyuh petelur menggunakan satu sumber air minum , maka untuk menghindari terjadinya serangan bakteri E Coli dapat melakukan sterilisasi air minum minum pada aya dan puyuh, caranya adalah dengan menambahkan desinfektan pada tandon atau galon air minum ayam dan puyuh. Untuk dosis penggunaan sudah tertera pada kemasan. Pemberian air minum bercampur desinfektan lakukan pada malam hari. Pemberian 2 atau 3 kali dalam seminggu.

 

Pemeliharaan ayam broiler dan puyuh petelur diatas adalah berada dalam satu wilayah dengan luas areal peternakan adalah 2800 M2 ( 7 rante )

Mungkin yang menjadi pertanyaan adalah kandang ayam broiler milik orang lain yang berdekatan dengan kandang puyuh petelur yang kita pelihara.  Sebenarnya dengan kondisi diatas bukanlah menjadi halangan buat kita untuk beternak puyuh yang walaupun kita tidak mendapatkan track record pemeliharaan ayam broiler tersebut.

Hal yang harus kita diperhatikan adalahsebagai berikut :

  1. Hindari kontak langsung anak kandang ayam broiler memsuki areal kandang kita
  2. Jika orang lain ingin masuk kekandang kita, hendaknya cuci alas kaki sebelum masuk
  3. Lakukan vaksinasi secara rutin pada puyuh petelur yang kita pelihara
  4. Vaksinasi ulang dapat dilakukan 1 kali dalam setiap 3 bulan
  5. Pemberian antibotik secara periodik ( 3 – 5 hari dalam tiap bulan )
  6. Lakukan rotasi penggunaan antibiotik yang sama setelah pemberian atau pemakaian selama 3 kali berturut turut
  7. Sterilisasi air minum dengan desinfektan ( 2 – 3 hari ) dalam 1 minggu. Dilakukan pada malam hari
  8. Pemberian multivitamin untuk puyuh petelur
  9. Lakukan pemisahan antara puyuh sehat dan puyuh sakit
  10. Jika ada indikasi akan wabah virus lakukan vaksinasi ulang terhadap puyuh
  11. Vaksin yang digunakan adalah  Medivac ND Clone 45
  12. Dosis vaksin adalah setengah dari dosis untuk ayam

Baca juga Vaksinasi Puyuh Dan Kegunaannya

Demikianlah beberapa tindakan preventif atau pencegahan yang dapat kita lakukan jika Jarak kandang ayam dengan kandang puyuh petelur kita berdekatan dengan kandang ayam broiler milik tetangga. Apalagi jika jarak kandang ayam broiler dengan kandang puyuh kita tidak terlalu dekat maka itu bukanlah hal yang menjadi rintangan untuk beternak puyuh.

About the author

admin

Leave a Comment