duniaunggas.com – Jenis pakan puyuh sesuai dengan umur serta manfaat dan tujuan yang diinginkan. Jenis pakan puyuh berdasarkan ukuran puyuh tersebut. Sebagai peternak puyuh pemula, adakalanya kita sulit mengetahui jenis pakan puyuh sesuai dengan ukuran dan umur puyuh tersebut.

Pada umumnya setiap fase puyuh mempunyai jenis dan bentuk pakan tersendiri. Karena tidak mungkin puyuh baru menetas ( D0Q ) kita memberikan pakan yang berbentuk butiran kasar. Hal ini tentunya akan mempersulit puyuh untuk mematuk pakan tersebut. Oleh karena itu, mari kita bahas jenis pakan puyuh dan bentuk butirannya sesuai dengan ukuran puyuh tersebut.

DOQ ( Day Old Quail )

Atau Puyuh Umur 1 hari ( puyuh baru menetas / Starter ). Pada fase ini atau umur 1 hari, puyuh masih kecil, tentunya memerlukan pakan yang halus. Pada umumnya jenis pakan puyuh pada umur ini adalah berbentuk TEPUNG atau MASH. Dengan pakan jenis tepung atau halus ini tentunya mempermudah puyuh dalam mematuk pakannya. Dan hal yang paling penting adalah membantuk anakan puyuh dalam pencernaannya. Sehingga anakan puyuh dapat tumbuh dengan optimal. Pemberian pakan halus atau tepung pada puyuh ini setidaknya selama 7 hari pertama ( Umur 0 sampai dengan 7 hari ) Pakan jenis ini sudah banyak dijual di toko peternakan atau di POULTRY SHOP yang berada disekitar anda. Pakan halus yang biasa dijual adalah sebagai berikut : BRAVO 311 ( pokphand ) dan atau 201 M ( Gold coin ). Apabila di daerah anda tidak ada menjual pakan tersebut, dapat diakali dengan menumbuk pakan tersebut hingga halus dan atau dapat di blender, kemudian langsung berikan pada anakan puyuh.

GROWER

Puyuh umur 8 hari sampai dengan umur 15 hari. Pada fase ini berikan pakan puyuh 50% halus dan 50% butiran kasar ( voer BR 1 atau Bravo 511 ). Tujuan pemberian jenis pakan puyuh dalam fase ini agar puyuh tidak terkejut dalam bentuk pakannya, sehingga disarankan pakan diberi dalam 2 bentuk ( 50% halus dan 50% kasar ). Pada fase ini puyuh sudah mulai mematuk matuk pakan dan juga mulai menceker ( nyeker ). Untuk mengurangi pakan yang terbuang maka berikan kawat RAM diatas pakan tersebut. Berikanlah pakan selalu tersedia di tempat pakan puyuh

PRA LAYER

Puyuh umur 16 hari sampai dengan 40 hari. Pada fase ini pakan puyuh sudah bisa diberikan 100% berupa butiran ( kasar ). Pakan yang biasa diberikan adalah Bravo 511 ( Pokphand ), BR 01 ( Comfeed ) BR 1 ( MABAR ) 201 C ( gold Coin ).

LAYER

puyuh umur 41 hari sampai dengan afkir. Pada fase ini pakan sudah dapat diganti dengan pakan khusus layer dimana harga pakan ini lebih murah dari pakan puyuh fase sebelumnya. Jenis pakan puyuh pada masa ini biasanya dipakai pakan Puyuh petelur. Pakan yang biasa dipakai adalah Puyuh Petelur ( Comfeed ) P304 atau P304 C ( Pokphand ). Dalam beberapa peternak puyuh ada yang memakai Pakan C 05 ( Mabar ) dan 324-1M ( Pokphand )

Baca juga https://www.duniaunggas.com/2019/06/11/cara-merawat-anak-puyuh-baru-menetas-bagi-pemula-hingga-mulai-bertelur/

Demikian pakan puyuh yang biasa diberikan berdasarkan setiap fasenya. Berikanlah pakan sesuai dengan fasenya dan selalu tersedia.

Catatan : Jangan pernah memberikan pakan yang khusus petelur jika puyuh tersebut belum memasuki usia layer. Hal ini dapat menyebabkan puyuh menjadi terlambat matang kelamin. Dan hal yang paling merugikan peternak adalah puyuh tersebut dapat menyebabkan menjadi BANCI atau BENCONG.

Baca juga https://www.duniaunggas.com/2019/03/04/jamu-puyuh-petelur-bahan-dan-cara-membuatnya/

Demikian jenis pakan puyuh yang biasa diberikan pada setiap tahapannya. Semoga bermanfaat.

Sumber duniaunggas.com

About the author

admin

Leave a Comment