duniaunggas.com – Maksimal bahan baku pakan unggas khususnya ternak layer. Dalam setiap bahan pakan memiliki batas maksimal dalam penyusunan pakan ternak unggas. Beberapa bahan yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan pakan adalah jagung, dedak halus, bungkil kacang kedelai, tepung ikan, bungkil kacang tanah dan konsentrat. Kegunaan konsentrat adalah sebagai bahan pelengkap bahan pembuatan pakan unggas. Yang mana kita agak sulit untuk memperoleh bahan pakan unggas seperti tepung daging dan tulang, tepung darah dan bahan bahan lainnya yang sulit kita dapatkan. Dalam penyusunan pembuatan pakan ternak unggas haruslah dilengkapi dengan protein asal hewani dan protein asal hewani. Nah untuk memenuhi kebutuhan protein asal hewani biasanya yang diguanakan adalah tepung ikan.

Namun setiap penggunaan maksimal bahan baku pakan penyusunan ransum memiliki batas maksimal dalam penggunaannya. Bila dalam penggunaan bahan tertentu melebihi jumlah maksimal dapat berakibat buruk pada ternak unggas yang kita pelihara. Salah satu bahan seperti dedak halus yang bila penggunaannya melebihi batas maksimal akan berakibat tingginya nilai serat kasar (SK). Serat kasar yang melebihi batas maksimal dapat menyebabkan daya cerna puyuh, ayam dan unggas lainnya menjadi rendah. Nilai maksimal serat kasar (SK) dalam pakan puyuh adalah 7% dan ayam layer adalah 8%. Sebelum kita memulai membuat pakan ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu jumlah kadar nutrisi pada setiap bahan pakan yang akan kita gunakan. Berikan juga Jamu Herbal Untuk Unggas (Puyuh Dan Ayam)

Beberapa jumlah bahan pakan yang biasa digunakan sebagai bahan penyusunan pembuatan pakan.

Penggunaan Maksimal Bahan Baku Pakan Untuk Ternak Unggas

Setelah mengetahui jenis bahan bahan pakan dan kandungan nutrisinya. Berikut akan kita jabarkan beberapa bahan pakan dalam penggunaannya secara maksimal.

  1. Tepung Ikan memilki kandungan protein yang tinggi, yaitu sekitar 50% ( kualitas lokal ). Penggunaannya hanya 2 hingga 4% saja. Namun jika anda dapat memperoleh tepung ikan ekpor maka penggunaannya bisa mencapai hingga 10%, namun harganya cukup mahal bila dibandingkan dengan produk lokal. Salah satu kandungan tepung ikan yang bila mana digunakan melebihi batas maksimal maka dapat mengakibatkan maag dan tanda awalnya puyuh atau ayam akan muntah darah.
  2. Bungkil Kacang Kedelai merupakan salah satu bahan yang diperlukan dalam penyusunan pakan unggas. batas penggunaan bungkil kacang kedelai adalah 30 sampai dengan 35%. Bungkil kacang kedelai mengandung Asam Fitat yang mana memiliki sifat mengikat protein kasar. Sehingga protein yang terkandung dalam pakan tidak akan tercerna dengan maksimal (Nutrient by Pass). Sehingga menaikkan jumlahn pakan namun produksi menurun. Dengan terjadi Nutrient by pass maka kotoran ternak akan menjadi basah dan amoniak dalam kandang meningkat.
  3. Dedak Padi Halus (Bekatul) dedak halus atau bekatul merupakan salah satu bahan untuk pembuatan pakan ternak, khususnya unggas (puyuh, ayam dll). Namun dalam pembuatan pakan  bekatul juga memiliki jumlah makimal karena mengandung serat kasar yang sangat tinggi.  Penggunaan maksimal dedak padi adalah 25% dari total jumlah pakan yang dibuat. Oleh karena tingginya kandungan serat kasar pada dedak padi dapat mengakibatkan kurangnya daya serap nutrisi pakan ( Nutrient by Pass)
  4. NaCl ( Natrium Clorida / Garam dapur ) merupakan salah bahan pakan sebagai penambah kadar kalsium (Ca ) pada pakan. Namun dibatasi penggunaanya sebanyak 0,5 hinnga 1% saja. Bila melebuhi jumlah maksimal dapat menurunkan nafsu makan ternak dan hanya minum dikarekan selalu haus akibat efek asin garam.

Penggunaan Maksimal Bahan Baku Pakan Untuk Bahan Lainnya

Dari beberapa jenis bahan pakan diatas, ada 4 jenis penggunaannya dibatasi guna tetap dalam performa terbaiknya. Untuk penggunaan jaguang ataupun jagung giling tidaklah terlalu dibatasi namun biasanya pengunaannya antara 40 hingga 60%. Sementara penggunaan bahan dari pabrikan seperti Konsentrat biasanya pengguannya ada dalam kemasan. Atau biasa digunakan sebanyak 25 hingga 40% dari total jumlah pakan yang kita buat. Sebagai pengganti AGP dapat menggunakan Manfaat Kunyit Untuk Puyuh Dan Ayam

Kebutuhan asam amino untuk ternak unggas layer sangatlah sedikit namun memiliki peran yang sangat penting. Untuk memenuhi kebutuhan asam amino tersebut cukup menambahkan premiks atau topmix dan Mineral B1 pada pakan yang dibuat. Kandungan asam amino pada premiks sudah dapat memenuhi kebutuhan akan asam amino essensial tersebut.

Demikian beberapa bahan baku penyusunan pakan dan batas penggunaan maksimal, Semoga bermanfaat

Sumber duniaunggas.com

About the author

admin

6 Comments

  • […] Jika anda berminat ingin membuat pakan puyuh anda sendiri, tim kami telah menciptakan sebuah aplikasi cara pembuatan pakan puyuh. Dalam aplikasi ini anda tinggal memasukkan bahan saja dan kemudian aplikasinya yang akan menghitung kadar nutrisi pakan buatan anda. Aplikasi ini berupa sebuah VCD dan berbasis MS Excel. Dalam VCD ini telah tertera bahan bahan yang akan anda gunakan serta dilengkapi dengan kadar nutrisinya. Tugas anda hanya memasukkan atau input bahan saja. Perhatikan juga Penggunaan Maksimal Bahan Baku Pakan Puyuh Ayam […]

  • […] Jika anda berminat ingin membuat pakan puyuh anda sendiri, tim kami telah menciptakan sebuah aplikasi cara pembuatan pakan puyuh. Dalam aplikasi ini anda tinggal memasukkan bahan saja dan kemudian aplikasinya yang akan menghitung kadar nutrisi pakan buatan anda. Aplikasi ini berupa sebuah CD dan berbasis MS Excel. Dalam CD ini telah tertera bahan bahan yang akan anda gunakan serta dilengkapi dengan kadar nutrisinya. Nilai nutrisi bahan yang dicantuntumkan sudah melalui penelitian untuk mengetahui kadar nutrisi setiap pakan. Tugas anda hanya memasukkan atau input bahan saja. Dan arahan agar tidak menggunakan bahan tertentu melebihi jumlah maksimal. Perhatikan juga Penggunaan Maksimal Bahan Baku Pakan Puyuh Ayam […]

  • […] Jika anda berminat ingin membuat pakan bebek anda sendiri, tim kami telah menciptakan sebuah aplikasi cara pembuatan pakan bebek. Dalam aplikasi ini anda tinggal memasukkan bahan saja dan kemudian aplikasinya yang akan menghitung kadar nutrisi pakan buatan anda. Aplikasi ini berupa sebuah CD dan berbasis MS Excel. Dalam CD ini telah tertera bahan bahan yang akan anda gunakan serta dilengkapi dengan kadar nutrisinya. Tugas anda hanya memasukkan atau input bahan saja. Perhatikan juga Penggunaan Maksimal Bahan Baku Pakan Puyuh Ayam […]

  • […] Jika anda berminat ingin membuat pakan ayam petelur anda sendiri, tim kami telah menciptakan sebuah aplikasi cara pembuatan pakan ayam petelur. Dalam aplikasi ini anda tinggal memasukkan bahan saja dan kemudian aplikasi tersebut yang akan menghitung kadar nutrisi pakan buatan anda. Aplikasi ini berupa sebuah CD berbasis MS Excel. Dalam CD ini telah tertera bahan bahan yang akan anda gunakan serta dilengkapi dengan kadar nutrisinya. Tugas anda hanya memasukkan atau input bahan saja. Perhatikan juga Penggunaan Maksimal Bahan Baku Pakan Puyuh Ayam […]

Leave a Comment