duniaunggas.com – Program kesehatan ayam yang kita pelihara haruslah tetap dijaga. Berdasarkan fakta lapangan dalam peternakan ayam kampung saat ini jenis penyakit juga berkembang serta berevolusi. Evolusi yang dimaksud disini adalah virus atau bakteri telah menciptakan kekebalan terhadap antibiotik dan obat obatan yang biasa kita gunakan. Oleh karena itu perlunya kita mencatat program kesehatan pada ayam. Mencatat setiap kejadian yang menyerang peternakan yang kita pelihara. Mulai dari serangan ringan hingga serangan berat. Pencatatan jenis obat yang kita pakai. Sehingga kedepannya dapat diganti dengan mudah oleh jenis yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Tujuannya adalah menghindari resistensi atau residu pada jenis dan golongan obat tertentu. Pemeliharaan ayam kampung baik sebagai pedaging ataupun sebagai petelur memiliki umur pemeliharaan yang relatif lama. Bila dibadingkan dengan pemeliharaan ayam broiler.

Ayam broiler hanya berumur 1 hingga 2,5 bulan saja. Sementara ayam kampung pedaging untuk mencapai bobot 1 kg membutuhkan waktu 2,5 hingga 4 bulan. Ayam kampung yang menjadi petelur memiliki umur yang yang sangat lama. Dimana pemeliharaanya sampai 2 tahun yang kemudian diafkir dan dijadikan sebagai pedaging.

Program Kesehatan Ayam Masa Starter (1-5 minggu)

Pada masa pemeliharaan tahap ini yang perlu kita perhatikan adalah mencegah munculnya penyakit gumboro.  Pencegahan penyakit gumboro ini cukup melakukan Vaksinasi gumboro pada umur 5 hari pertama. Usahakan vaksin dalam keadaan dingin sampai pemberian selesai. Vaksinasi gumboro ini dapat dilakukan sekaligus dengan vaksinasi ND. Setelah Vaksinasi gumboro pada umur 5 hari, ayam sudah mampu menunjukkan perlindungi terhadap Gumboro. Jamu Unggas, Cara Membuat Dan Bahannya

Pemberian vaksin ini cukup dengan cara tetes mata atau dengan air minum. Berikan vitamin anti sters 2 hari sebelum dan sesudah vaksinasi dilakukan. 

Program Kesehatan Ayam Masa Grower (6-12 minggu)

program kesehatan pada ayam

Tabel 2

Pada masa ini kekebalan ayam sudah mulai menurun oleh karena itu perlu dilakukan vaksinasi ulang.  Vaksin yang diberikan yaitu Vaksin ND IB atau vaksin AI. Atau dapat memberikan kedua jenis vaksin ini. Kegunaan pemberian vaksin ini untuk menimbulkan kekebalan terhadap serangan virus AI dan ND (tetelo). Cara pemakaian dan dosis biasanya selalu ada pada kemasan. Biasanya untuk vaksin AI pemberiannya melalui injeksi. Cara penggunaan dan dosisnya adalah sebelum dipakai kocok terlebih dahulu botol vaksin sampai homogen. Suntik vaksin dibawah kulit pada pangkal leher atau dalam urat daging dada ayam  dengan menggunakan alat suntik yang steril.

  • Dosis : Ayam umur 4 – 7 hari                   0,2 ml
  •             Ayam umur diatas 21 hari            0,5 ml

Program Kesehatan Ayam Masa Layer ( 18 minggu lebih)

program kesehatan pada ayam

Tabel 3

Pemelihraan pada masa ini hendaknya selalu dipantau. Seperti pada manusia, hewan yang dalam hal ini ayam kampung yang dipelihara secara intensif memerlukan vaksinasi. Vaksinasi lebih dimaksudkan untuk menciptakan kekebalan buatan pada ayam kampung (buras) terhadap penyakit-penyakit ganas yang biasa menyerang ternak ayam. Vaksinasi menjadi sangat penting sebagai antisipasi atau pecegahan terhadap investasi kita dalam berternak ayam.

Pengobatan Sanitasi Dan Biosecurity 

Pendapat atau pemikiran orang awam bahwa ayam kampung tahan terhadap penyakit tidaklah seutuhnya benar. Namun ayam kampung lebih tahan terhadap penyakit, jika dibandingkan dengan ayam ras (negri). Walaupun begitu, ayam kampung (buras) bukanlah kebal terhadap penyakit. Sehingga tindakan pencegahan terhadap penyakit tetap mutlak dilakukan seperti vaksinasi. Tetapi bila penyakit atau ayam telah menjadi sakit karena segala alasan maka berikutnya adalah mengetahui jenis penyakit dan penyebabnya disamping tentunya cara pengobatannya selagi masih ada waktu. Cara pengontrolan terhadap penyebaran penyakit adalah dengan menjaga sanitasi kandang dan sistem operasional di peternakan. Sanitasi bukan dan tidak terbatas hanya dalam satu perlakuan (misal: kebersihan pakan dan kandang-kandang) tetapi haruslah berhubungan dengan Bio Security atau pengamanan terhadap organisme hidup yang dalam hal ini adalah jenis Virus, Protozoa, Bakteri dan jamur.

Note : Seluruh medical yang dicantumkan adalah produk dari medion, dikarekan barang tersebut sangat mudah didapatkan dipasaran toko obat dan peraltan hewan, semoga bermanfaat.

About the author

admin

Leave a Comment