duniaunggas.com –  Cara menambah nafsu makan puyuh dan ayam. Beberapa kendala dalam peternakan sering kali muncul. Salah satunya adalah kurangnya nafsu makan puyuh dan ayam yang kita pelihara. Sehingga bobot yang kita inginkan pada waktu tertentu terkdang terlambat. Dan pencapaian produksi yang terlambat juga. Untuk mendapatkan bobot tertentu tentunya berimbang lurus dengan jumlah pakan yang dikonsumsi. Semakin banyak pakan yang di konsumsi tentunya semakin besar bobot ternak. Dan tentunya juga di bantu dengan kemampuan daya ceran yang yang baik.  Salah satu bahan yang biasanya digunakan adalah bahan herbal Temulawak.

Temulawak sangat berperan untuk pencernaan manusia dan tidak kalah juga terhadap hewan unggas. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) dikenal sebagai tanaman bahan dasar obat tradisional khas Indonesia. Tanaman ini tergolong ke dalam jenis JAMU JAMUAN  yakni tanaman dengan bentuk rimpang dan akar yang pada bagian batangnya berada di dalam tanah. Temulawak tergolong ke dalam keluarga tanaman seperti halnya kunyit, jahe lengkuas, dan lainnya. Tanaman semacam ini banyak terdapat di wilayah tropis.

Kandungan Dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan unggas. Temulawak mempunyai beberapa kandungan Zat Aktif  seperti  Kurkumin, kurkuminoid, P-toluilmetilkarbinol, seskuiterpen d-kamper, mineral, minyak atsiri serta minyak lemak, karbohidrat, protein, mineral seperti Kalium (K), Natrium (Na), Magnesium (Mg), Besi (Fe), Mangan (Mn), dan Kadmium (Cd). sebagaimana halnya tanaman herbal (obat-obatan alami) pada umumnya memiliki ragam manfaat yang luar biasa, terlebih khasiatnya pada tubuh unggas dan menjadi cara menambah nafsu makan puyuh dan ayam.

Rebusan air temulawak

Gambar : Temulawak

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh Unggas

Memelihara Fungsi Hati

Katagoga didalamnya memiliki khasiat menjaga kesehatan fungsi hati. Katagoga memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Dalam uji klinik yang dilakukan pada temulawak, memberikan hasil enzim yang dapat berguna untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT dalam dosis 15-30 mg kurkumin.

Masalah pencernaan

Zat di dalam temulawak, mampu merangsang produksi empedu di kandung empedu, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Khasiatnya juga memberikan dukungan terhadap berbagai masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas dan dispepsia.

Cara Menambah Nafsu Makan

Sudah bukan rahasia umum lagi tentang khasiat Curcumin dalam  kesehatan Manusia, dengan perkembangan informasi dan teknologi farmasi. Kegunaannya untuk unggas sudah  dipercaya dapat meningkatkan  dan cara menambah nafsu makan puyuh dan ayam. Yang mana tujuannya adalah untuk mendapatkan bobot unggas yang dikehendakai. Kandungan dalam temulawak ( Curcumin ) dapat juga berfungsi sebagai pencahar pakan dalam pencernaan sehingga mampu meningkatkan nilai serap nutrisi dalam pencernaan.

Dengan meningkatnya nafsu makan unggas dan dapat meninggikan nilai serap pakan dan Feed Convertion Ratio ( FCR ) yang maksimal. Pemberian bahan herbal yang satu ini sangat efektif pada unggas fase Grower. Dimana pada fase ini bila unggas belum mendapatkan bobot ideal maka penambahan air rebusan dan atau tepung temulawak pada pakan dapat dijadikan sebagai bahan tambahan pakan untuk meningkatkan nafsu makan. Pemberian temulawak sebanyak 1% sampai dengan 2,5% dari jumlah bobot unggas hidup. Pemberian dapat dilakukan  3 hari sampai dengan 5 hari dalam seminggu dan diulang kembali pada minggu depannya.

Membantu Menurunkan Lemak Darah

Manfaat temulawak menghasilkan fraksi kurkuminoid yang merupakan ekstraknya, untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total dan memberikan peningkatan pada kadar kolesterol HDL Zat kurkumaid diduga berperan dalam menurunkan lemak darah, yang tentu saja berdampak baik pada kesehatan jantung dan berdampak baik sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

Melawan Kanker

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam jurnal ilmiah “The Prostat,” menemukan bahwa curcumin secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat dan berpotensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya. Meskipun percobaan lanjutan terhadap manusia masih diperlukan sebelum dokter dapat merekomendasikan temulawak. Baca juga Manfaat Kunyit Untuk Puyuh Dan Ayam

University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa, tanaman herbal dapat bekerja menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker dan merupakan efek pencegahan yang mungkin berasal dari aktivitas antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

Mengurangi radang sendi

Kandungan kurkumin didalamnya sama dengan 100 mg fenibutazon yang mengurangi radang sendi dan nyeri. Cara kerjanya yakni dengan melakukan penghambatan perpindahan sel-sel leuksit kepada daerah radang atau dangan penghambatan pembentukan serta transportasi mediator radang yaitu prostagladin. Hasil pengujian memberikan hasil perbaikan pada penderita radang sendi. Semoga bermanfaat. Sumber : duniaunggas.com dan berbagai sumber.

About the author

admin

Leave a Comment